Batang (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyebutkan 45 anggota dewan yang baru dilantik pada Rabu (14/8) didominasi wajah lama atau pejabat lama.

"Ya, ternyata ada 12 orang wajah baru dan 33 orang wajah lama. Eni Latifa merupakan dewan terpilih paling muda, masih berusia 23 tahun," kata
Pelaksana Tugas Sekretaris DPRD Kabupaten Batang Daryono di Batang, Rabu.

Menurut dia, pelantikan anggota dewan ini merupakan tindak lanjut Surat Keputusan Penjabat Gubernur Jateng mengenai Anggota DPRD Kabupaten Batang periode 2024-2029.

Selanjutnya, kata dia, pimpinan sementara DPRD Batang dipilih Maulana Yusuf (PKB) dan Tofani Dwi Arieyanto (PDIP) yang akan melakukan proses paripurna pembentukan alat kelengkapan dewan.

Adapun perolehan kursi DPRD Kabupaten Batang terbanyak pada Pemilu 2024 diraih oleh PKB sebanyak 11 kursi, PDI Perjuangan (tujuh kursi), Golkar (Enam kursi), dan Gerindra (Lima kursi).

Kemudian, untuk proses pemilihan pimpinan DPRD definitif akan dilakukan rapat koordinasi sesudah membentuk fraksi-fraksi.

Nantinya pembentukan fraksi sendiri maksimal ada tujuh orang dan minimal partai politik harus ada empat kursi.

"Jadi yang kurang dari itu harus bergabung dengan partai politik lainnya untuk membuat fraksi. Selain itu, perolehan banyaknya kursi akan berpengaruh pada kandidat yang bakal duduk menjadi pimpinan DPRD," katanya.

Secara rinci perolehan kursi DPRD Kabupaten Batang adalah PKB 11 kursi, PDI P tujuh kursi, Golkar enam kursi, Gerindra lima kursi, PPP lima kursi, PKS 4 kursi, Partai Hanura dua kursi, Partai Demokrat dua kursi, NasDem satu kursi, PAN satu kursi, dan Partai Gelora satu kursi.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024