Solo (ANTARA) - Marching Band Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menjuarai ajang Indonesia Drum Corps International 2024 di Stadion Benteng Tangerang.

Pelatih Marching Band UNS Pujiyono di Solo, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan pada ajang tersebut ada sebanyak 14 piala yang berhasil dibawa pulang oleh kelompok Marching Band UNS.

Ia mengatakan ajang tersebut merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Indonesia Drum Corps Association (IDCA) yang bekerja sama dengan Drum Corps International atau lebih dikenal dengan DCI Amerika.

Beberapa negara lain juga mengirimkan perwakilannya, di antaranya Malaysia, Thailand, dan Hongkong. Ia mengatakan Marching Band UNS berhasil menyisihkan lebih dari 30 tim.

Ia mengatakan 14 piala tersebut dari tiga kategori, yakni soundsport, drum corps world class, dan flag ensemble.

Penghargaan yang diraih di antaranya juara 2 soundsport challenge class, juara 3 drum corps world class, juara 3 flag ensemble challenge class drum corps, juara 3 the best drum major drum corps, juara 3 the best music drum corps, juara 3 the best visual drum corps, juara 3 the best percussion drum corps, dan juara 3 the best brass drum corps.

Ia mengatakan pada kejuaraan tersebut tim mempersembahkan penampilan bertema The College.

"Tema ini menceritakan bagaimana kehidupan para mahasiswa yang penuh tantangan, terutama ketika harus membagi waktu antara tugas-tugas akademik dan persiapan ujian. Meskipun banyak tantangan menghadang, perjuangan dan dedikasi akhirnya membuahkan hasil pada saat dapat menikmati momen kelulusan dengan penuh rasa bangga," katanya.

Menurut dia, tema tersebut terinspirasi dari visi dan misi kampus UNS, yaitu menuju World Class University.

Dengan raihan tersebut, ia berharap ke depan UKM Marching Band UNS dapat terus berprestasi di berbagai ajang kejuaraan, baik nasional maupun internasional.
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024