Purwokerto (ANTARA) - Jurusan Agroteknologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menyelenggarakan workshop kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) secara luring bagi Ketua, Sekretaris, dan seluruh dosen Jurusan Agroteknologi di Ruang Kuliah Pascasarjana Gedung A lantai 2 Fakultas Pertanian Unsoed, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (17/7).

Saat memberi sambutan dalam pembukaan workshop, Dekan Fakultas Pertanian Unsoed Prof. Dr. Ir. Sakhidin, M.P. menyampaikan dukungan fakultas terhadap kegiatan tersebut. 

Turut hadir dalam pembukaan acara adalah Wakil Dekan Bidang Akademik Susanto Budi Sulistyo, Ph.D., Wakil Dekan Umum dan Keuangan Dr. Budhi Darmawan, serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Khavid Faozi.

Narasumber pada workshop ini adalah Koordinator Program Studi Fatichin, Ph.D. dan Ir. Noor Istifadah, M.C.P., Ph.D. dari Jurusan Agroteknologi Universitas Padjadjaran serta dimoderatori oleh Woro Sri Suharti, Ph.D. 

Narasumber menjelaskan pentingnya kurikulum OBE dalam mendukung lulusan agar diterima di dunia usaha dan industri. Kurikulum ini mengacu pada outcome, sehingga tidak hanya materi yang diaplikasikan di dalam kelas, juga mempersiapkan lulusan (outcome) yang memiliki kemampuan untuk menghadapi dunia kerja. 

Baca juga: Unsoed gelar Workshop Pemutakhiran Daftar Informasi Publik

Penerapan kurikulum OBE juga mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sehingga perguruan tinggi lebih siap memproyeksikan lulusannya agar bisa bersaing di dunia global.

Noor Istifadah, Ph.D. menjelaskan bahwa perkembangan teknologi yang pesat memunculkan kesenjangan baru di dunia pendidikan, sehingga lulusan (outcome) dituntut untuk lebih adaptif dengan kebutuhan dunia kerja. 

Melalui kurikulum OBE, perguruan tinggi lebih mudah menjembatani lulusan agar mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Kurikulum OBE dirancang untuk menciptakan lulusan sesuai kebutuhan industri. Dalam kurikulum OBE, terdapat tiga poin yang dievaluasi, yaitu:

1. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) atau Course Outcome. Evaluasi ini menilai kompetensi mahasiswa setelah menyelesaikan mata kuliah yang diikuti.
   
2. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau Program Outcome. Evaluasi ini menilai capaian mahasiswa saat lulus dengan mengidentifikasi, mengumpulkan, dan mempersiapkan data yang dicapai saat mahasiswa lulus. CPL digunakan untuk mengetahui kompetensi lulusan perguruan tinggi.
   
3. Program Educational Objective (PEOs). Evaluasi ini dilakukan terhadap lulusan setelah beberapa tahun untuk menilai kompetensi lulusan dalam karir dan kehidupan. Pada tahun pertama setelah lulus, evaluasi ini digunakan untuk penilaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

Peserta workshop terlihat antusias dan mendapat pencerahan atas penjelasan narasumber mengenai pelaksanaan kurikulum OBE. Diharapkan praktik baik yang telah dilaksanakan di Jurusan Agroteknologi Universitas Padjadjaran dapat diadopsi di Jurusan Agroteknologi Unsoed, sehingga lulusan memiliki daya saing di dunia usaha dan industri.

Baca juga: Unsoed gelar Workshop Pemutakhiran Daftar Informasi Publik
Baca juga: Cegah rambut rontok, mahasiswa Unsoed bikin sampo dari buah parijoto dan minyak bekatul
Baca juga: Sosiolog : Anak-anak belum bisa berpikir jauh atas risiko perbuatannya

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024