Semarang (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Jateng dan DIY terus berupaya memperluas cakupan kepesertaan di wilayah Cilacap. BPJAMSOSTEK pun bersinergi dengan pemerintah kabupaten setempat agar semakin banyak masyarakat pekerja yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kepala Kantor Wilayah Jateng DIY Isnavodiar Jatmiko menyampaikan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah dan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan jaminan sosial bagi para pekerja. 

"Kami berharap melalui silaturahmi ini dapat merumuskan langkah-langkah nyata untuk meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Cilacap, dengan demikian lebih banyak pekerja yang terlindungi dan mendapatkan manfaat dari program ini," kata Iko, panggilan akrab Isnavodiar saat silaturahmi dengan Penjabat Sekda Cilacap Sujito. 

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Cabang  BPJS Ketenagakerjaan Cilacap Sofia Nur Hidayati. Dalam kesempatan itu juga membahas berbagai strategi dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan partisipasi pekerja di Kabupaten Cilacap dalam program BPJS Ketenagakerjaan. 

Sujito menyambut baik inisiatif tersebut dan menekankan komitmen pemerintah daerah untuk mendukung upaya peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Ia menggarisbawahi pentingnya perlindungan sosial bagi kesejahteraan pekerja di daerahnya. 

"Pemerintah Kabupaten Cilacap akan terus mendukung Program BPJS Ketenagakerjaan dan bekerja sama untuk memastikan sebanyak mungkin pekerja dapat menjadi peserta. Perlindungan sosial adalah hal yang sangat penting untuk kesejahteraan mereka," kata Sujito.

Sofia Nur Hidayati, Kepala Cabang  BPJS Ketenagakerjaan Cilacap juga memberikan pandangannya tentang upaya yang telah dilakukan dan rencana ke depan untuk meningkatkan kepesertaan. Ia menekankan pentingnya sosialisasi dan edukasi kepada para pekerja dan pengusaha mengenai manfaat dan pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

"Melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak terkait, kami akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya jaminan sosial bagi pekerja. Kami yakin bahwa dengan upaya bersama, kita dapat mencapai target peningkatan kepesertaan," jelas Sofia. 

Pertemuan tersebut diharapkan dapat menghasilkan berbagai rencana aksi yang efektif untuk meningkatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Cilacap. Adanya perlindungan jaminan sosial, diharapkan para pekerja dapat bekerja dengan lebih tenang dan produktif, serta merasa terlindungi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024