Purwokerto (ANTARA) - Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) tengah membangun gedung baru sebagai langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan serta pemenuhan sarana dan prasarana bagi seluruh civitas academica yang diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman dan memadai.

Dekan Fakultas Biologi Unsoed Prof. Dr. Dwi Nugroho Wibowo, M.S. mengatakan gedung pendidikan baru tersebut akan digunakan untuk meningkatkan fasilitas pembelajaran. 

"Pembangunan gedung pendidikan akan dimanfaatkan untuk peningkatan fasilitas guna menciptakan kenyamanan untuk seluruh civitas academica Fakultas Biologi," ujarnya.

Menurut dia, gedung baru yang terdiri atas tiga lantai itu dirancang untuk mendukung berbagai kegiatan akademik, yakni lantai pertama akan menyediakan ruang kuliah untuk program S2 dan S3, ruang koordinator program S2 dan S3, ruang rapat, dan auditorium berkapasitas 500 orang. 

Selanjutnya, lantai kedua akan dilengkapi dengan tiga laboratorium yang dapat digunakan oleh semua program studi di Fakultas Biologi, sedangkan lantai ketiga akan terdiri atas lima ruang kelas dengan kapasitas masing-masing 40-50 orang. 

Baca juga: Unsoed dan BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto jalin kerja sama lindungi mahasiswa

Ia mengatakan pembangunan gedung dengan luas total 39x24 meter persegi itu didanai oleh APBN dan proses pembangunannya diperkirakan akan selesai dalam waktu 4 bulan.

Selain gedung pendidikan, Fakultas Biologi juga berencana membangun kantin dengan enam petak untuk mendukung penyediaan makanan bagi civitas academica

"Kantin ini nantinya akan menyediakan makanan sehat, aman, dan bergizi sebagai pengganti makan pagi, makan siang, serta camilan dan minuman bagi seluruh civitas academica Fakultas Biologi," kata Prof. Bowo.

Ia mengharapkan dengan adanya gedung baru untuk pendidikan tersebut, Fakultas Biologi Unsoed dapat menjadi fakultas yang unggul dalam mutu pendidikan dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai. 

"Kami berharap melalui pembangunan ini, Fakultas Biologi dapat menunjang seluruh aktivitas akademik dan menjadi yang terbaik dalam mutu pendidikan," kata Dekan Fakultas Biologi itu.

Baca juga: BPJS Ketanagakerjaan-Unsoed berikan perlindungan ke mahasiswa
Baca juga: RSGMP Unsoed adakan workshop akselerasi program revitalisasi PTN
Baca juga: Unsoed masuk 5 besar PTN peraih nilai UTBK tertinggi di SNBT 2024

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024