Purwokerto (ANTARA) - Prestasi kembali diraih Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) karena berhasil menjadi terbaik kedua dalam Ajang Penganugerahan Penghargaan Mendikbudristek Penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) kategori Perguruan Tinggi Negeri dengan Pola Pengelolaan Keuangan BLU dengan skor 88.50.  

Penganugerahan penghargaan tersebut berlangsung di Plaza Insan Pendidikan Berprestasi Gedung Ki Hajar Dewantara (Gedung A) Lantai 1, Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa (30/4).

Sebanyak 42 unit kerja dan satuan kerja di bawah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi ikut menerima penghargaan dalam ajang tersebut. 

Ada 4 kategori penghargaan yang diberikan, yaitu Nilai Kinerja Anggaran (NKA), Penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dan Unit Pengolah Kearsipan Terbaik tahun 2023.

Baca juga: Unsoed cabut peraturan rektor terkait besaran UKT 2024

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) mengukur kesesuaian antara perencanaan dan implementasinya, baik dari sisi pencapaian target kinerja dan penggunaan anggaran.

Sementara kinerja pelaksanaan anggaran mengukur kualitas proses pelaksanaan anggaran dan mengukur kualitas hasil pelaksanaan anggaran, baik dari aspek implementasi maupun aspek manfaat termasuk capaian keluaran (output), capaian hasil (outcome), serta dampak terhadap kinerja organisasi.

Wakil Rektor Unsoed Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas Dr. Sos. Waluyo Handoko, M.Sc. bersyukur atas prestasi yang diraih dalam kategori SAKIP dan anugerah tersebut merupakan yang pertama kalinya diraih oleh Unsoed.

Terkait dengan hal itu, dia mengajak untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan, penganggaran, koordinasi antarlembaga, dan akuntabilitas layanan.

"Saya yakin kita semua memiliki komitmen bersama untuk menerapkan prinsip-prinsip good governance yang mencakup kualitas penganggaran, berbasis pada kinerja dan data, berorientasi kepada hasil," kata Waluyo.

Baca juga: Pantia Pusat UTBK Unsoed selenggarakan sosialisasi UTBK 2024
Baca juga: BEM Unsoed desak rektorat evaluasi kenaikan UKT bagi mahasiswa baru
Baca juga: 18.542 calon mahasiswa akan ikuti UTBK di Unsoed
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024