Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menerima 2.464 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 yang hasilnya telah diumumkan pada hari Selasa (26/3).

"Mahasiswa baru yang berjumlah 2.464 orang itu diterima di 46 program studi S1 dan 10 program diploma atau D3/vokasi," kata Wakil Rektor Unsoed Bidang Akademik Dr. Ir. Noor Farid, M.Si.

Menurut dia, pengumuman hasil SNBP tersebut dapat dilihat Portal Pengumuman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, dan alternatif (situs mirror yang disediakan oleh perguruan tinggi negeri (PTN) peserta jalur prestasi)).

Ia pun mengucapkan selamat kepada peserta SNBP yang dinyatakan lolos seleksi masuk ke Unsoed

Pada SNBP Unsoed tahun 2024, kata dia, total peminat yang mendaftar di Unsoed sejumlah 26.633 peserta. 

"Dari total pendaftar di Unsoed, setelah proses seleksi diterima sejumlah 2.464 peserta, dan dari jumlah tersebut termasuk peserta KIP sejumlah 579 peserta. Pada jalur SNBP ini sejumlah 30 persen dari kuota yang tersedia di Unsoed," katanya.

Baca juga: Ada dosen Unsoed di balik kesuksesan pebulutangkis Indonesia dalam All England 2024

Lebih lanjut, dia mengatakan Program Studi Kedokteran Gigi menjadi program studi dengan tingkat keketatan tertinggi untuk kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), dengan tingkat keketatan 1: 31. 

Sementara pada kelompok Sosial dan Humaniora Soshum, kata dia, Program Studi Manajemen menjadi program studi dengan tingkat keketatan tertinggi, yaitu 1: 34.

"Dalam hal ini, lima besar keketatan pada program studi saintek meliputi Program Studi Kedokteran Gigi, Program Studi Keperawatan, Program Studi Farmasi, Program Studi Pendidikan Dokter, dan Program Studi Kesehatan Masyarakat," katanya.

Selanjutnya pada program studi soshum, kata dia, meliputi Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Studi Administrasi Bisnis, dan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk Program Studi Diploma (D3) dengan keketatan tertinggi, meliputi Program Studi Administrasi Bisnis, Program Studi Administrasi Perkantoran, Program Studi Akuntansi, Program Studi Bisnis Internasional, Program Studi Agribisnis

"Pada jalur SNBP tahun ini, Unsoed masuk dalam 20 besar jumlah pendaftar terbanyak, yaitu pada peringkat 18 PTN," kata Noor Farid.

Baca juga: Belasan mahasiswa Unsoed raih beasiswa IISMA tahun 2024
Baca juga: Inilah amalan-amalan sunah pada bulan Ramadhan
Baca juga: Ingin tetap sehat selama berpuasa Ramadhan, ikuti saran dokter ini

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024