Purwokerto (ANTARA) - Sebanyak 11 mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil meraih beasiswa International Student Mobility Awards (IISMA) pada tahun 2024 yang merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

"Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk belajar di universitas terkemuka di seluruh dunia selama satu semester," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional Unsoed Prita Sari Dewi, Ph.D. di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (27/3).

Dia mengatakan IISMA bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pengetahuan mereka melalui pembelajaran lintas disiplin serta menimba pengalaman dan keterampilan dari universitas ternama di 30 negara.

Selain itu, meningkatkan pemahaman lintas budaya melalui pengalaman belajar di luar negeri, memperluas jejaring internasional, dan mempersiapkan lulusan yang berkualitas untuk karir di masa depan.

"Para mahasiswa yang berhasil lolos seleksi tahap akhir IISMA akan mendapatkan dukungan beasiswa yang meliputi biaya pendaftaran, biaya pendidikan, PCR, karantina, asuransi kesehatan (termasuk jaminan COVID), tunjangan pemukiman dan hidup, tiket pesawat ekonomi, visa, serta dana darurat," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan 11 mahasiswa yang meraih beasiswa IISMA terdiri atas Yusriani Mardhiyyah Arifin (Teknik Geologi) di RUDN University (Rusia), Eneng Anisyah (Hukum) di Universitat Pompeu Fabra (Spanyol), Rama Baharudin (D3 Bisnis International) di Prince of Songkla University (Thailand), Muhammad Farkhan Destrian Candra (Akuntansi Internasional) di Charles University (Republik Ceko).

Baca juga: Inilah amalan-amalan sunah pada bulan Ramadhan

Selanjutnya, Efforti Cesarrikha Ashari (Ilmu Komunikasi) di University of Limerick (Republik Irlandia), Nurmalihah (D3 Administrasi Bisnis) di Prince of Songkla University (Thailand), Sekar Hayuning Mutyas (Sastra Inggris) di University of Pécs (Hungaria), Shammara Arsine Angelique (Kimia) di RUDN University (Rusia).

Kemudian, M. Irfan Nabiel M Mucoffa (Informatika) di Hanyang University (Korea Selatan), Faizal Shahid Ramadhan (D3 Bisnis International) di Prince of Songkla University (Thailand), dan Mauluddin Gibran Nasution di M.V. Lomonosov Moscow State University (Rusia).

"Prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras mahasiswa serta dukungan dari pimpinan Unsoed dan PIC IISMA Unsoed Dr. Poppy Dian Indira Kusuma, beserta para mentor dari awardees IISMA tahun sebelumnya yang berkenan menjadi mentor adik angkatan mereka," kata Prita.

Menurut dia, persiapan untuk IISMA 2024 telah dimulai sejak tahap sosialisasi program, bahkan Unsoed didapuk menjadi host kegiatan sosialisasi IISMA di perguruan tinggi di wilayah Jawa Tengah. 

Selain itu, kata dia, pembimbingan penulisan curiculum vitae, essai, dan persiapan wawancara juga disediakan bagi para mahasiswa.

Dia mengharapkan program tersebut akan terus berlanjut di masa depan dengan semakin banyaknya mahasiswa Unsoed yang meraih prestasi serupa.

Baca juga: Ingin tetap sehat selama berpuasa Ramadhan, ikuti saran dokter ini
Baca juga: Akademisi Unsoed ini berikan trik atur keuangan selama Ramadhan hingga lebaran
Baca juga: Akademisi Unsoed : Pemberian "cuti ayah" merupakan kebijakan responsif gender

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024