Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap sukses menyelenggarakan Pelatihan Dasar Pemadam Kebakaran (Fire Basic Training) bagi 73 personel pemadam kebakaran (Damkar) dari wilayah Jawa Bali Plus. 

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024 dengan melibatkan Ikatan Kebakaran Indonesia (IKI).

Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, Senin hingga Rabu (5-7/2), dengan dua hari awal difokuskan pada teori yang diselenggarakan di Gedung Diklat Praja Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dan dilanjutkan dengan praktik pemadaman kebakaran di area Fire Ground Kilang Cilacap.

Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna mengatakan pelatihan tersebut merupakan bukti dari kepedulian perusahaan terhadap peningkatan keterampilan tim pemadam kebakaran. 

"Keterampilan harus diasah secara rutin, terutama dalam konteks pemadaman kebakaran. Pelatihan seperti ini penting untuk menguji setiap personel agar mereka selalu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat," ungkapnya.

Baca juga: Dirut PT KPI tegaskan kesiapan Kilang Cilacap produksi HVO dan SAF

Ketua Bulan K3 Wahyu Agus Susanto menambahkan bahwa terdapat beberapa kegiatan Bulan K3 yang melibatkan pihak eksternal. 

"Beberapa kegiatan yang telah kami lakukan antara lain pelatihan calon Safetyman, program KPI RU IV Goes to School, pertemuan dengan para vendor, dan lain-lain. Kami berharap kegiatan-kegiatan ini akan semakin memperkuat kolaborasi dan sinergi dengan para pemangku kepentingan kami," jelasnya.

Ketua IKI Bakorwil III Sub Rayon 2 Jawa Tengah Ari Subroto mengapresiasi dukungan penuh PT KPI RU IV terhadap Pelatihan Dasar Pemadam Kebakaran. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PT KPI RU IV yang selalu memberikan dukungan penuh terhadap agenda tahunan. Hal ini sangat penting bagi tim Damkar di Jawa untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi tim Damkar yang masih baru, sebagai bekal dalam kembali ke tempat tugas asal mereka. 

"Pengetahuan yang diperoleh selama pelatihan ini sangat penting dalam mencapai target respons yang lebih cepat, sehingga bencana kebakaran dapat segera ditangani," katanya.

Peserta pelatihan berasal dari berbagai Tim Damkar di antaranya dari Kabupaten dan Kota Tegal, Kota Banjar, Kediri, Magelang, Brebes, Wonogiri, Batang, Kabupaten/Kota Pekalongan, Temanggung, Kota Semarang, Purworejo, Kebumen, Sukoharjo, Sragen, Surakarta, Demak, Kudus, Pangandaran, Banjarnegara, Karang Anyar, dan Yogyakarta.

Materi yang diberikan meliputi Behaviour of Fire, Safety Fire Brigade, Firefighting Hydraulics, Emergency Preparedness, First Aid, Danger of Toxic Gases, Breathing Apparatus, serta praktik langsung pemadaman kebakaran.

Baca juga: Kilang Cilacap sosialisasikan penanggulangan kebakaran bagi warga
Baca juga: Kilang Cilacap latih penanggulangan kebakaran kepada petugas Lapas Nusakambangan
Baca juga: Kilang Cilacap bekali 55 pemuda dengan pelatihan "Safetyman"

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024