Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap telah menyelenggarakan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran bagi petugas Lapas Pasir Putih di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Senin dan Selasa (29-30/1). 

Pelatihan dalam rangka peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024 ini dianggap sebagai langkah penting untuk memperkuat kesiapsiagaan terhadap potensi kebakaran di wilayah tersebut.

Section Head Emergency and Insurance PT KPI RU IV Cilacap Sjahru Sjakbani menjelaskan bahwa pelatihan tersebut merupakan bagian dari inisiatif Kilang Cilacap dalam menjalin sinergi dengan berbagai pihak, termasuk Lapas di Nusakambangan. 

"Kami menyadari pentingnya kolaborasi ini mengingat Kilang kami berlokasi di Cilacap, sehingga kami berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya keselamatan bersama," ujarnya.

Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam kepada petugas Lapas Pasir Putih dalam menghadapi situasi darurat akibat kebakaran. 

Baca juga: Kilang Cilacap bekali 55 pemuda dengan pelatihan "Safetyman"

Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Pasir Putih Salim menyambut baik program pelatihan ini dan mengapresiasi upaya Kilang Cilacap dalam meningkatkan kesiapsiagaan petugas Lapas. 

"Program ini sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam penanggulangan kebakaran," katanya.

Pelatihan dilakukan dengan kombinasi teori dan praktik, dengan sesi pemadaman dilakukan di area fire ground area kilang. Lebih dari 30 petugas Lapas Pasir Putih, termasuk yang berasal dari lapas dengan status Super Maximum Security di Nusakambangan, turut serta dalam kegiatan ini.

PT KPI sebagai anak perusahaan Pertamina yang berfokus pada pengolahan minyak dan petrokimia, juga memperlihatkan komitmennya terhadap prinsip Environment, Social, and Governance (ESG). 

Perusahaan ini terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) dan berkomitmen pada 10 Prinsip Universal dari UNGC, termasuk dalam strategi operasional yang menekankan aspek ESG.

Dengan inisiatif seperti pelatihan penanggulangan kebakaran ini, PT KPI terus meneguhkan komitmennya untuk menjalankan bisnis secara profesional sambil memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik, demi mewujudkan visi menjadi perusahaan kilang minyak dan petrokimia kelas dunia.


Baca juga: Peringati Bulan K3 2024, Kilang Cilacap usung Sinergi Bersama Wujudkan Refining Sustainability
Baca juga: Ini yang dilakukan Kilang Cilacap lengkapi wisata Kampoeng Kepiting Kutawaru
Baca juga: Kilang Cilacap aktif dalam Karya Bakti Tanam Pohon dan Bersih Pantai Teluk Penyu

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024