Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap memberdayakan 55 pemuda di sekitar wilayah Cilacap, Jawa Tengah. dengan menyelenggarakan pelatihan Safetyman

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari, mulai 29 Januari hingga 1 Februari 2024, digelar di Gedung Persatuan Wanita Patra (PWP), Gunung Simping, Cilacap.

Pjs. HSSE Manager PT KPI RU IV Cilacap Ery Puspiartono menyatakan bahwa pelatihan Safetyman merupakan bagian dari rangkaian Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024. 

"Ini adalah pelatihan dasar K3 sebagai bekal pengetahuan bagi semua pekerja, terutama yang terkait langsung dengan operasional yang berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja," ujarnya.

Menurut dia, pelatihan tersebut memiliki tujuan penting untuk memperkuat hubungan positif antara warga sekitar dengan operasional perusahaan. 

"Selain itu, memberikan pembekalan atau dasar kompetensi kepada pemuda usia produktif agar siap berkontribusi di dunia kerja, khususnya dalam aspek HSSE (Health, Safety, Security, and Environment)," tambahnya.

Baca juga: Peringati Bulan K3 2024, Kilang Cilacap usung Sinergi Bersama Wujudkan Refining Sustainability

Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cecep Supriyatna menegaskan bahwa pelatihan Safetyman adalah bukti nyata kepedulian perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat sekitar. 

"Ini juga mewujudkan prinsip ESG (Environment, Social & Governance) dalam operasional perusahaan," ungkapnya.

Menurut dia, pelatihan tersebut juga menjadi implementasi beberapa poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDG’s, seperti tanpa kemiskinan, kehidupan yang sehat dan sejahtera, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta industri, inovasi, dan infrastruktur.

Salah seorang peserta, Fandy Brilianto menyampaikan rasa antusiasme dalam mengikuti pelatihan Safetyman sebagai sarana peningkatan bekal dan keterampilan. 

"Terima kasih kepada PT KPI karena telah menyelenggarakan pelatihan ini. Saya yakin ini sangat bermanfaat untuk masa depan saya," ucapnya.

Selama 4 hari, para peserta mendapatkan pelatihan dengan metode pembelajaran yang meliputi kelas (Classroom) dan demonstrasi (Peragaan). Materi yang disampaikan mencakup Dasar K3, Alat Pelindung Diri (APD), Bahaya di Tempat Kerja, Inspeksi K3, Komunikasi K3, Pengenalan Bahaya terhadap Kesehatan, serta Pelatihan dan Praktik Pemadaman. Peserta berasal dari berbagai kelurahan dan desa di Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap Selatan, Cilacap Utara, dan Kecamatan Jeruklegi.

Baca juga: Ini yang dilakukan Kilang Cilacap lengkapi wisata Kampoeng Kepiting Kutawaru
Baca juga: Kilang Cilacap aktif dalam Karya Bakti Tanam Pohon dan Bersih Pantai Teluk Penyu
Baca juga: Pertamina pimpin penyelamatan lingkungan hidup, ini kontribusi Kilang Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024