Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng) mengejar target minimum capaian imunisasi polio yang saat ini baru mencapai 92,9 persen.

"Kalau sasarannya kan 50.115 anak," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kota Surakarta Setyowati di Solo, Senin.

Ia mengatakan target tersebut diharapkan bisa tercapai lima hari ke depan seiring dengan tahapan sweeping yang saat ini masih dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Surakarta. "Mudah-mudahan tercapai 95 persen," katanya.

Ia mengatakan bisa jadi anak yang belum mengikuti imunisasi pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) pada tanggal 15-20 Januari 2024, karena masih menderita sakit atau sedang berada di luar kota.

"Mungkin kemarin dia masih sakit, mungkin batuk pilek, panas, jadi agak khawatir. Sebetulnya nggak apa-apa. Bisa juga pas pergi, ke luar kota dan nggak mau vaksin di kota itu," katanya.

Ia mengatakan bagi yang belum diimunisasi agar orang tua sasaran imunisasi bisa mengantarkan anaknya ke puskesmas terdekat.

"Bisa datang ke puskesmas atau nanti masyarakat yang didatangi oleh petugas dari puskesmas," katanya.

Ia memastikan tidak ada penolakan imunisasi oleh masyarakat Kota Surakarta.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa memastikan tidak ada penolakan imunisasi polio dari masyarakat seperti yang terjadi di beberapa daerah lain.

"Solo nggak ada masalah. Itu kan demi kesehatan anak-anak Indonesia," katanya.

Ia mengatakan upaya tersebut merupakan bagian dari mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Harusnya kepala daerah bisa menyadarkan masyarakatnya bahwa ini penting. Walaupun di daerah itu tidak ada kasus, nanti ada kasus baru teriak-teriak," katanya.

Baca juga: Seribu warga Karanganyar tolak imunisasi polio, ini lamgkah pemda

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024