Magelang (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistika (Diskominsta) Kota Magelang mengatakan penilaian terhadap pelaksanaan Program Kelurahan Cinta Statistik (Kelurahan Cantik) mendukung upaya pemkot dalam pemanfaatan data aktual guna mengentaskan kemiskinan di daerah tersebut.

"Aspek penilaian di antaranya tata kelola dan kapasitas data, serta penggunaannya," kata Kepala Diskominsta Kota Magelang Muchamad Abdul Azis dalam rilis bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Sabtu.

Kelurahan Tidar Selatan, Kota Magelang, masuk 20 besar evaluasi Kelurahan Cantik tingkat nasional pada 2023. Atas capaian tersebut, Tim Field Evaluation Kelurahan Cantik Badan Pusat Statistik (BPS) RI melakukan kunjungan lapangan ke kelurahan tersebut pada Jumat (24/11).

Kunjungan mereka disambut antara lain Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur dan Kepala Diskominsta Kota Magelang Muchamad Abdul Azis, serta sejumlah pejabat pemkot setempat. 

Ia menjelaskan kedatangan tim itu untuk meninjau kualitas implementasi Kelurahan Cantik di Tidar Selatan serta bentuk komitmen mewujudkan Satu Data Indonesia.

Salah satu anggota Tim Field Evaluation Kelurahan Cantik BPS Tri Windiarto mengatakan Kelurahan Tidar Selatan masuk Top 20 terbaik di antara 230 Desa/Kelurahan Cantik skala nasional.

Tindak lanjut penilaian tersebut, katanya, dipilih 10 desa/kelurahan terbaik yang akan menerima penghargaan Desa/Kelurahan Cantik.

Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur mengatakan capaian ini menunjukkan kesungguhan dan komitmen pemkot, khususnya Kelurahan Tidar Selatan serta organisasi perangkat daerah, dalam kolaborasi mengelola dan memanfaatkan data sektoral.

Data tersebut untuk perencanaan pembangunan di kelurahan yang lebih tepat sasaran.

Ia menyebut implementasi Satu Data di Kota Magelang sudah sampai level rukun tetangga, khususnya dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Maju, Sehat, dan Bahagia (Rodanya Mas Bagia) melalui pengumpulan data profil RT dalam penyusunan rencana kegiatan masyarakat sebagai dasar alokasi kegiatan dan anggaran.

Ia mengatakan Program Kelurahan Cantik semakin mendukung penjaminan kualitas data.

Pemerintah Kota Magelang akan terus berupaya untuk konsisten dalam komitmen mengelola dan memanfaatkan data sektoral untuk perencanaan pembangunan di kelurahan yang lebih tepat sasaran, melalui dukungan anggaran dan fasilitasi program pada periode selanjutnya. 

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024