Purwokerto (ANTARA) - Tim Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berhasil meraih prestasi di ajang International Youth Business Competition (IYBC) 2023. 

Pada ajang tersebut, tim yang beranggotakan Agung Prasetyo (Manajemen 2021), Uut Ela Triana (Teknologi Pangan 2020), Jalalludin (Peternakan 2020), dan Aqilah Rahma A. (Teknologi Pangan 2021) berhasil meraih medali emas untuk kategori Informasi Bisnis. 

Keempat anggota tim tersebut juga tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset (UKMPR) Unsoed.

Salah seorang anggota tim, Agung Prasetyo mangatakan IYBC merupakan kompetisi di bidang bisnis yang kali ini diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA).

Baca juga: Mahasiswa FEB Unsoed juara 1 lomba essay di Jepang

Menurut dia, ajang tersebut diikuti oleh 64 tim dari enam negara, yaitu Vietnam, Korea, Arab Saudi, Thailand, Malaysia, dan Indonesia dengan sejumlah kategori, yaitu Economic Research, Business Informatics, International Business, Bank and Financial Management, Enterpreneurship, dan Management and Marketing.

"Lomba ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dalam mengeksplorasi inovasi bisnis di enam kategori tersebut. Capaian ini didapatkan sebagai pembuktian bahwa mahasiswa Unsoed mampu bersaing dengan mahasiswa internasional, sehingga dapat memotivasi mahasiswa Unsoed untuk berani berprestasi di kancah Internasional," katanya.

Ia mengatakan judul yang ditampilkan dalam ajang tersebut berupa "Belajarin.id: Tutor Finder Application", yakni aplikasi untuk mewadahi mahasiswa yang ingin menjadi tutor atau semacam guru les bagi anak SD, SMP, SMA, sampai mahasiswa yang ingin les privat maupun kelompok. 

"Dengan aplikasi ini pengguna dapat memilih tutornya sendiri," jelasnya.

Lebih lanjut, Agung mengatakan pada lomba yang berlangsung secara daring itu, proses diawali dengan mengumpulkan paper pada tanggal 19 Maret 2023.

Selanjutnya presentasi pada tanggal 3 April 2023 selama 15 menit yang terdiri 7 menit untuk presentasi dan 8 menit untuk tanya jawab, sedangkan pengumuman hasil pada tanggal 5 April 2023.

Baca juga: Rektor resmikan Graha Adhyaksa Fakultas Hukum Unsoed
Baca juga: Delegasi Unsoed Purwokerto raih medali emas di ajang MTE 2023

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024