Purwokerto (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Abdallah Faqieh Hamdan Hariri berhasil meraih Juara 1 Lomba Essay berbahasa Jepang di Perfecture Kagawa, Jepang. 

Faqieh yang tercatat sebagai mahasiswa S1 Akuntansi Kelas Internasional FEB Unsoed itu mengikuti program Double Degree di Takamatsu University, Jepang. Atas kemenangannya tersebut, dia juga mendapatkan penghargaan dari Takamatsu University. 

Berita kemenangan Faqieh masuk dalam laman Universitas Takamatsu dan pemberitaan media di Jepang. Total hadiah yang diraih adalah 50.000 yen atau setara dengan Rp5,5 juta.

Dalam Kontes Essay Mahasiswa Luar Negeri Perfecture Kagawa yang ke-19 itu, Faqieh berkompetisi dengan sejumlah mahasiswa asing dari berbagai negara.

Faqieh menulis essay berjudul "Korona shsoku-go ni shitai koto” atau dalam bahasa Inggris "Things I want to do after the end of Corona".

Baca juga: Rektor resmikan Graha Adhyaksa Fakultas Hukum Unsoed

Pengumuman pemenang Kontes Essay bagi mahasiswa asing yang bermukim di Perfecture Kagawa itu dilakukan pada tanggal 22, bulan 1 tahun Reiwa 5 (Japanese Calender Systems) atau 22 Januari 2023.

Selama tinggal di Jepang, kemampuan berbahasa Jepang Faqieh meningkat sangat pesat. Tak hanya kemampuan berbicaranya saja yang berkembang, namun kemampuan menulisnya juga sangat baik. 

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FEB Unsoed Istiqomah, PhD., selama studi double degree di Jepang, Faqieh mampu meningkatkan kemampuan berbahasanya dengan sangat baik.

"Bahkan kemampuan berbicaranya sudah seperti orang Jepang asli," kata Istiqomah. 

Prestasi Faqieh itu sangat membanggakan keluarga besar FEB Unsoed pada khususnya, dan Unsoed secara umum.

Baca juga: Delegasi Unsoed Purwokerto raih medali emas di ajang MTE 2023
Baca juga: Ini 10 prodi di Unsoed yang paling banyak diminati dalam SNBP
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024