Solo (ANTARA) - Tim voli putri Jakarta Pertamina Fastron membuka peluang lolos ke grand final setelah mengalahkan Jakarta BIN dengan skor 3-1 pada pertandingan PLN Mobile Proliga 2023 putaran final four seri tiga pamungkas, di Solo, Jumat petang.

Skor 3-1 diperoleh Jakarta Pertamina Fastron atas lawannya, Jakarta BIN itu, yakni 25-27, 25-23, 25-18 dan 25-18, sedangkan pertandingan berlangsung di GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah.

Pertamina Fastron pada set pertama menurunkan Megawati Hangestri, Arneta Putri Amelia, Tasya Nur Rochmani, Oleksandra Bytsenko, Agustin Wulandari, dan Marja Zelenovic, sedangkan Jakarta BIN menurunkan Chen Peiyan, Fernanda Davis Tome, Rtari Wulandari, Selly Nurfauziah, Myrasuci Indriani, dan Shintia Alliva Mauludina.

Pertandingan pada set pertama berjalan alot dan seru karena kedua tim saling mengejar dalam perebutan angka. Bahkan, kedua tim sempat imbang 25-25 dalam pengumpulan angka meski akhirnya set pertama dimenangkan Jakarta BIN dengan skor 25-27.

Pertamina Fastron memasuki set kedua tetap tampil penuh semangat dengan memasukkan pemain Zolla Yuliana untuk memperkuat pertahanan melalui blok-blok sehingga smes-smes lawan yang dilakukan oleh kedua pemain asingnya, Chen Peiyan dan Fernanda Davis Tome, mampu ditahan. Tim itu menyelesaikan set kedua dengan 25-23 sehingga kedudukan imbang 1-1.

Pertamina pada set ketiga lebih percaya diri melalui smes tajam yang dilakukan oleh Megawati Hangestri, Agustin Wulandari, Marja Zelenovic, dan Oleksandra Bytsenko yang sering mendapat angka, sedangkan blok Jakarta BIN sering tembus sehingga Pertamina mampu menyelesaikan dengan 25-18. Kedudukan menjadi 2-1 untuk Pertamina Fastron.

Baca juga: Kalahkan Samator 3-0, Jakarta STIN BIN buka peluang grand final

Pertamina Fastro memasuki set keempat semakin di atas angin untuk bisa menyelesaikan set penentuan itu. Pertamina melalui smes-smes tajam dan pertahanan blok yang rapat mampu menyelesaikan set keempat dengan skor 25-18 sehingga pertandingan dimenangkan Pertamina 3-1.

Kemenangan Pertamina Fastro atas Jakarta BIN tersebut membuka peluang untuk lolos ke final. Pertamina masih menyisakan satu pertandingan melawan Bandung bjb Tandamata untuk bisa lolos ke final.

Pelatih Jakarta Pertamina Fastron Eko Waluyo usai pertandingan, bersyukur timnya bisa mengambil kemenangan atas Jakarta BIN.

"Kami sempat kalah set pertama karena banyak pemain yang tegang sehingga sering mengalami kesalahan sendiri baik saat menerima bola dan melakukan pertahanan. Bahkan, serangan juga sering gagal," katanya.

Namun, Pertamina Fastron pada set kedua dan seterusnya mampu bangkit dan memperbaiki kesalahan sehingga bisa mengambil set kedua hingga keempat. Timnya berpeluang ke grand final dan harus bisa menang pada pertandingan selanjutnya melawan Bandung bjb.

Baca juga: Kalahkan Gresik Petrokimia, Bandung bjb lolos ke grand final
Baca juga: Delapan tim putra dan putri bersaing ke grand final Proliga 2023
Baca juga: ProLiga 2023, tuan rumah tetap antisipasi COVID-19

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024