Grobogan (ANTARA) - Wakil Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Tengah Denny Septiviant mengatakan bahwa ciri atau DNA dari PKB adalah adalah politik berkebudayaan.
“Jalan politik kebudayaan dapat menjawab salah satu tantangan satu abad NU yaitu memanusiakan manusia di tengah ancaman dehumanisasi yang begitu cepat dan dahsyat akibat revolusi teknologi, terutama revolusi teknologi informasi atau IT,” katanya.
Hal tersebut disampaikan oleh Denny dalam acara Sosialisasi Kebijakan Melalui Media Tradisional dengan menampilkan Punakawan Milenial dari Komunitas Candi Joglo Grobogan, yang kemudian dilanjutkan dengan Pelantikan Garda Bangsa Kabupaten Grobogan.
“Politik berkebudayaan harus jadi strategi PKB, sebagaimana para wali dan ulama NU terdahulu menggunakan kebudayaan sebagai jalan dakwah syiar Islam. Bersentuhan dengan tradisi atau kesenian bukanlah hal yang tabu karena Islam sebenarnya adalah agama yang penuh kasih sayang untuk seluruh umat,” ujar anggota FPKB Jawa Tengah dari Dapil 5 Grobogan-Blora ini.
Yang terpenting, lanjut dia, adalah mencari harmonisasi antara agama dan kebudayaan sehingga tak terjadi benturan di antara keduanya. Ini warisan strategi dakwah yang harus terus kita reproduksi sebagai bagian identitas politik PKB.
"Sehingga saya sangat mengapresiasi kegiatan pelantikan dan Rakercab Garda Bangsa Kabupaten Grobogan yang menghadirkan seniman-seniman lokal, dengan pementasan yang membawakan nilai-nilai ajaran luhur bangsa ini. Termasuk bagaimana tadi seniman-seniman kita ini mengingatkan kita untuk tidak silau dengan money politic,” katanya.
Dirinya juga meminta kepada Garda Bangsa sebagai kader-kader muda PKB memelopori para nahdliyin untuk menjadikan satu abad (100 tahun) usia NU sebagai momentum penguatan sekaligus merencanakan program-program untuk kemajuan NU menuju abad ke-2 usia NU.
Ia juga berharap Garda Bangsa untuk memperbanyak anggota agar lebih banyak juga generasi yang meneruskan semangat perjuangan tokoh politik PKB sebab PKB lahir dan dibesarkan melalui perjuangan NU selama ini sehingga harus siap menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan aspirasi politik warga nahdlyin.“Jadi kalau kita semua mau besarkan NU, ya harus besarkan PKB karena untuk melakukan transformasi ekonomi, sosial, budaya di NU, jalan satu-satunya yang paling efektif adalah lewat jalur politik. Itu sebabnya Garda Bangsa perlu mengajak warga NU untuk berjuang lewat jalur politik dan bangga menggunakan identitas NU,” ujarnya.


Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024