Purwokerto (ANTARA) - Bupati Banyumas Achmad Husein menerima anugerah Nirwasita Tantra Tahun 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam acara penyerahan penghargaan di Gedung Manggala Wana Bakti, Jakarta, Rabu.

Sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis pemerintah daerah yang diterima di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas Junaedi mengatakan bahwa penyerahan penghargaan Nirwasita Tantra dilakukan berbarengan dengan pemberian penghargaan Kalpataru.

Ia menjelaskan, Nirwasita Tantra dan Kalpataru merupakan penghargaan pemerintah pusat kepada pemimpin daerah serta pejuang lingkungan yang menjadi ujung tombak atau garda terdepan dalam upaya pemulihan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia.

"Khusus untuk anugerah Nirwasita Tantra ada lima parameter isu yang dijadikan penilaian, yaitu sampah, penurunan kualitas air, bencana, alih fungsi lahan, dan kerusakan lahan," katanya.

Baca juga: Ganjar terima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari KLHK

Ia mengatakan penilaian calon penerima Nirwasita Tantra dilakukan berdasarkan informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah, penanganan permasalahan lingkungan, serta kebijakan dan program yang diterapkan dalam pengelolaan lingkungan hidup di daerah.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan anugerah Nirwasita Tantra kepada 42 pemimpin daerah dalam kategori provinsi, kabupaten besar, kabupaten sedang, kabupaten kecil, kota besar, kota sedang, dan kota kecil.

Pada setiap kategori, penghargaan diberikan kepada tiga kepala daerah terbaik, tiga DPRD terbaik, dan lima pemerintahan terbaik.

Bupati Banyumas Achmad Husein bersyukur program lingkungan hidup Banyumas mendapat pengakuan dari pemerintah pusat melalui Anugerah Nirwasita Tantra.

"Alhamdulillah Kabupaten Banyumas bersama Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra untuk kategori kabupaten besar," katanya. 

Baca juga: Pemprov Jateng raih peringkat pertama Nirwasita Tantra 2021 dari KLHK
Baca juga: Ganjar raih Nirwasita Tantra, Wasito asal Kendal peroleh Kalpataru

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024