Temanggung (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim mengajak masyarakat gembira dalam menghadapi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

"Mari menghadapi tahapan pemilu dengan bergembira, dengan senang dan bersemangat," katanya usai mengikuti peluncuran Tahapan Pemilu 2024 KPU RI secara virtual di Temanggung, Selasa malam.

Hadir mengikuti peluncuran tahapan Pemilu 2024 secara virtual di aula KPU Kabupaten Temanggung yang juga diikuti beberapa pihak antara lain perwakilan partai dan instansi terkait.

Lebih lanjut Yusuf Hasyim menyampaikan pemilu lima tahun sekali diselenggarakan harus disambut dengan senang, semangat, dan bahagia.

"Tahapan pemilu sudah dimulai, sampaikan kepada masyarakat bahwa pemilu itu bukan serta merta perebutan kekuasaan, tetapi pesta demokrasi, sehingga harus dihadapi dengan senang dan gembira," katanya.

Apalagi tanggal pemungutan suara jatuh pada 14 Februari 2024 yang katanya merupakan Hari Kasih Sayang.   

"Memang pemilu itu harus disambut dengan senang, suka ria, gembira, karena pemilu adalah pesta demokrasi. Esensi pesta adalah menyenangkan," katanya.

Oleh karena itu dia berharap semua peserta pemilu, kemudian pemilih, dan penyelenggara pemilu harus menyambut dengan bahagia dan gembira.

Ia menuturkan aturannya dari pemungutan suara dimulai tahapan itu 20 bulan. Jadi tepat 20 bulan itu 14 Juni 2022 dari 14 Februari 2024.

"Tepat hari ini maka kami mengikuti peluncuran KPU RI terkait tahapan Pemilu 2024 melalui zoom, ini serentak di kabupaten/kota di seluruh Indonesia," katanya.

Yusuf menuturkan tahapan awal tentu terkait verifikasi partai politik. Verifikasi parpol ini mekanismenya KPU kabupaten/kota menerima daftar parpol yang mendaftar di KPU RI untuk diverifikasi.

"Bagi yang tidak lolos di parlemen atau partai baru kami verifikasi administrasi dan faktual, kalau yang sudah masuk di parlemen hanya verifikasi administrasi," katanya. ***2***
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024