Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap menggelar latihan jasmani dan kebugaran bagi pekerja Security dan Fire dari fungsi Health, Safety, Security, & Enviromental (HSSE) guna meningkatkan produktivitas serta kinerja.

Manajer HSSE RU IV Hartanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program tahunan Sehat, Bugar, Senang (Sebuse). 

"Ini adalah komitmen perusahaan untuk menjaga kesehatan pekerja sebagai salah satu aset terpenting. Program ini diselenggarakan rutin setiap tahun dengan jumlah peserta kali ini mencapai 320 orang," katanya. 

Sementara saat memberi sambutan dalam pembukaan kegiatan yang berlangsung di lapangan upacara Head Office RU IV Cilacap, Selasa (17/5), Pjs. General Manager RU IV Arief Budiyanto mengatakan pekerja Fire memiliki peran penting dalam penanggulangan kebakaran, sedangkan Security merupakan tim yang bertugas untuk menjaga keamanan.

"Maka mereka perlu dibuatkan sebuah program pembinaan fisik guna menjaga kesehatan sebagai modal melakukan akktivitas secara berulang- ulang, dalam waktu yang relatif lama tanpa menimbulkan kelelahan," katanya. 

Baca juga: Pertamina Cilacap bangkitkan perekonomian warga penyintas erupsi Semeru

Acara pembukaan tersebut juga dihadiri Kepala Jasmani Kodam (Kajasdam) IV/Diponegoro Kolonel Infanteri Theopilus Bangun.

Dalam kesempatan itu, Kajasdam mengatakan kerja sama antara Pertamina dan Kodam IV/Diponegoro sudah berlangsung sejak lama. 

Selain itu, ia berpesan kepada pelatih agar menerapkan latihan yang terukur dan memperhatikan faktor keselamatan. 

"Lakukan cek kesehatan setiap akan memulai latihan, dan lakukan kegiatan dengan suasana kegembiraan agar peserta tidak terbebani namun target tetap tercapai," katanya.

Pengecekan kesehatan meliputi cek tekanan darah, lingkar pinggang, serta berat, dan tinggi badan. Selanjutnya peserta mengikuti olahraga lari sejauh 1,6 kilometer dengan waktu yang ditentukan serta dilanjutkan push up, sit up, dan pull up. Targetnya selama 6 bulan ke depan peserta dapat mencapai tingkat kesehatan dan kebugaran maksimal. 

Pada acara tersebut ditandatangani pula nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) oleh Kajasdam dan Pjs. GM PT KPI RU IV Cilacap sebagai penguat komitmen yang disepakati.

Baca juga: Pertamina Cilacap bantu pembangunan huntara bagi penyintas erupsi Semeru
Baca juga: Sukacita siswa SD di kaki Semeru terima peralatan sekolah dari Pertamina Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024