Semarang (ANTARA) - BPJS Kesehatan ikut ambil bagian menyukseskan Mudik Lebaran dengan aman dan nyaman salah satunya tidak hanya memberikan pelayanan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan, tetapi juga memanjakan para para pemudik dengan pijat relaksasi gratis.

"Ini salah satu kepedulian BPJS Kesehatan kepada masyarakat. Posko Kesehatan ini pun tidak hanya peserta yang memiliki kartu BPJS, tetapi juga diperuntukkan seluruh masyarakat. Fasilitas yang diberikan mulai dari pelayanan kesehatan, refleksi (pijat relaksasi, red.), penyediaan obat-obatan, hingga paket buka puasa," kata Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jateng dan DIY Dwi Martiningsih.

Jika ada yang mengeluh sakit, lanjut Dwi Martiningsih, akan diberi obat dan jika diperlukan rujukan akan dirujuk ke rumah sakit terdekat dan telah disiagakan ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Untuk tujuh Posko Mudik BPJS Kesehatan ada di Terminal Pulo Gebang Jakarta, rest area tol Cikampek Km 57, rest area tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, rest area Banjaratma Km 260B Brebes, dan rest area Cipali Km 164B Majalengka.

Hal itu disampaikan Dwi Martiningsih di sela pemotongan pita dan mengunjungi titik posko mudik di Rest Area Tol Ungaran Km 429, Selasa (26/4). Hadir dalam kesempatan tersebut dari sejumlah stakeholder terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan lainnya.

"Posko Mudik BPJS Kesehatan hadir mulai 26 April sampai 1 Mei 2022, serta tersedia pula selama arus balik mulai 4-8 Mei 2022. Kami memprediksi antusiasme pemudik tahun ini luar biasa, mengingat sudah dua tahun kita menahan diri untuk tidak mudik akibat pandemi COVID-19," katanya.

Baca juga: Kapolda: Jalur selatan Jateng siap dilalui pemudik

Posko mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans.

Dwi menambahkan pihaknya juga menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif, misalnya, aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) Terintegrasi di nomor 08118165165.

"PANDAWA Terintegrasi ini sudah diimplementasikan sejak Februari 2022 dan siap melayani peserta JKN-KIS secara borderless (tanpa batas), sehingga proses layanan peserta JKN-KIS bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili peserta saat ini," kata Dwi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang Tri Martono menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian BPJS Kesehatan dalam momentum mudik lebaran tahun 2022. Menurutnya, kelancaran dan keamanan arus mudik dapat tercipta melalui kolaborasi antarstakeholder. Pihaknya bersama jajaran terkait termasuk kolaborasi dengan BPJS Kesehatan berkomitmen untuk mewujudkan mudik aman, mudik lancar dan mudik sehat.

"Diperkirakan sekitar 23,5 juta pemudik akan melintas ke Jawa Tengah dan Rest Area Tol Ungaran Km 429 ini menjadi salah satu titik lelah pemudik. Kami berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang sudah peduli dengan pemudik,” katanya.

Baca juga: BMKG imbau pemudik waspada potensi hujan di jalur selatan Jateng
Baca juga: Mau mudik irit dan nyaman, yuk pilih BBM yang tepat

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024