Purwokerto (ANTARA) - Alumni Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang lulus pada tahun 2020, dr Bayu Aji Wicaksono terpilih menjadi Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Hidayah Purwokerto periode 2022-2024. 

Meskipun tergolong masih muda, prestasinya sudah segudang. Perjalanannya bermula menjadi dokter umum dan pelayanan medis hingga akhirnya awal tahun 2022.

Saat ditemui di Purwokerto, Kamis (6/1), dr Bayu Aji Wicaksono mengaku senang dan bersyukur karena mendapat kesempatan dan kepercayaan menjadi direktur di RSU Hidayah Purwokerto.

“Alhamdulillah disyukuri karena bisa belajar. Meskipun saya dari kesehatan, namun pasti membutuhkan organisasi. Jabatan ini mengemban tugas dan tanggung jawabnya besar,” katanya. 

Baca juga: UMP berkomitmen dukung kemajuan UMKM di Banyumas

Meskipun sudah menjadi direktur, dia mengaku akan tetap melayani pasien agar ilmu yang didapatkan selama ini bisa dimanfaatkan untuk orang lain. 

Menurut dia, hal yang perlu dipersiapkan dalam mengemban jabatan sebagai direktur tersebut mempelajari struktural, tugas, dan masing divisi unit. 

"Awal kami mempelajari struktural, tugas masing-masing divisi unit, seperti rawat inap, rawat jalan, dan rapat untuk bertukar informasi untuk lebih tau wewenang tugas dari direktur," katanya. 

Sebagai alumni Kedokteran UMP, dr Bayu berpesan kepada mahasiswa Kedokteran UMP untuk mengikuti beberapa organisasi.

"Pesan buat adik-adik yang masih belajar. Kalau ke kampus, jangan berangkat terus pulang, Tapi perlu organisasi. Jadi di lapangan jadi dokter itu bukan cuma nyembuhin pasien. Tapi bisa komunikasi,jadi tidak melulu fisiologisnya namun ada spiritualnya. Kalau kita belajar organisasi komunikasi baik, kita gampang mengetahui karakter pasien," katanya. (lia/tgr)

Baca juga: Mapala Satria UMP raih prestasi di Speed Climbing Tournament
Baca juga: UMP bertabur prestasi di ajang seni budaya dan olahraga

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024