Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Setelah menobatkan UMP Kampus Wisata dan Rumah UMKM, perguruan tinggi Muhammadiyah itu bakal menggelar kegiatan UMP Sunday Morning (SunMor) 2022 di halaman kompleks Kampus I, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kembaran, Kabupaten Banyumas, Minggu (9/1).

Kepala Biro Humas dan Promosi UMP Irfan Fatkhurohman MPd mengatakan SunMor diawali dengan Kajian Ahad Pagi pada pukul 06.00-07.00 WIB dengan dilengkapi fasilitas olahraga, wisata kampus, pasar rakyat, musik, dan fasilitas umum. 

"Untuk olahraga, UMP sudah sediakan jogging track, lapangan sepak bola, basket, tenis lapangan, lapangan voli, panjat dinding, dan senam," katanya di Purwokerto, Senin (3/1).  

Sementara untuk wisata kampus, kata dia, terdapat banyak sudut instagramable seperti air mancur, gasebu, Gedung AR Fahrudin, Masjid Ahmad Dahlan, serta tempat berkumpulnya komunitas sepeda, lari, sepeda motor, dan mobil. 

Baca juga: Mapala Satria UMP raih prestasi di Speed Climbing Tournament

"Kami sediakan juga Pasar Rakyat dengan berbagai jenis fesyen, kuliner, dan sebagainya serta musik inovative band oleh mahasiswa. Pengisi musik dipersilakan membuka kotak jasa musik dari pengunjung," katanya. 

Belum cukup sampai di situ, kata dia, SunMor UMP juga menyediakan layanan umum seperti donor darah yang dilayani PMI Banyumas, pelayanan pajak sepeda motor dan mobil oleh Kantor Samsat Banyumas, serta cek kesehatan di Apotek UMP. 

Sementara itu, Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan Universitas Muhammadiyah Purwokerto siap berkomitmen dan mendukung penuh pelaku UMKM. 

"UMP Insya Allah berkomitmen untuk mendukung penuh terkait dengan penyelenggaraan SunMor khususnya bagi teman-teman pengelola UMKM yang ada di wilayah Banyumas dan sekitarnya," katanya. 

Rektor mengatakan UMP akan menjadi rumah UMKM, sehingga komitmen UMP adalah menyiapkan para pengusaha UMKM dan produknya bisa untuk dinimkmati oleh masyarakat luas. (tgr)

Baca juga: UMP bertabur prestasi di ajang seni budaya dan olahraga
Baca juga: Bahas MBKM, Prodi Pendidikan Sejarah UMP gelar diskusi

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024