Semarang (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Cilacap kembali menyerahkan bantuan berupa masker medis kepada para tenaga kesehatan (Nakes) di sejumlah rumah sakit juga menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada para pekerja dari perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala BPJAMSOSTEK Cilacap Dewi Manik Imannury mengatakan pemberian bantuan masker medis dan APD tersebut merupakan salah satu upaya untuk ikut mendukung program pemerintah guna mencegah dan memutus rantai penularan COVID-19.

Dewi Manik Imannury menjelaskan bantuan masker medis dan APD juga merupakan rangkaian kegiatan promotif dan preventif yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK.

"Kegiatan promotif dan preventif merupakan salah satu bentuk kepedulian BPJAMSOSTEK kepada peserta dan stakeholder terkait dalam hal ini rumah sakit yang menjadi mitra kami," kata Dewi.

Dewi menjelaskan kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan dari BPJS Ketenagakerjaan dan hampir seluruh kantor wilayah dan kantor cabang dialokasikan untuk kegiatan promotif preventif yang bertujuan untuk membantu perusahaan dalam melaksanakan kegiatan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan mendukung sistem managemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMKKK).

Baca juga: BPJAMSOSTEK Cilacap berikan beasiswa Rp272 juta

Baca juga: BPJAMSOSTEK Cilacap bagikan 500 bingkisan ke serikat buruh

Untuk tahun ini, lanjut Dewi, kegiatan promotif preventifnya disesuaikan dengan kondisi saat ini yang masih dalam masa pandemi COVID-19, sehingga bantuan berupa APD, masker, vitamin, juga pelatihan K3.

"Pemberian APD kepada RS juga sebagai bentuk dukungan kami kepada PLKK dan Nakes yang ada di dalamnya, agar terlindung dalam memberikan layanan kepada peserta maupun masyarakat, sehingga dapat memberikan pelayanan lebih optimal," katanya.

Sedangkan pemberian masker dan mutivitamin sebagai bentuk kepedulian BPJAMSOSTEK kepada perusahaan dan pekerja agak dapat meningkatkan Prokes dan imun, sehingga terhindar dari COVID-19

Dewi menyebutkan tahun ini BPJAMSOSTEK Cilacap membagikan sekitar 27 ribu masker medis, 67 APD penanganan pasien COVID-19, serta poster K3 sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada perusahaan yang tertib administrasi dan tidak menunggak iuran BPJS Ketenagakerjaan.

"Dengan adanya kegiatan ini perusahaan dan pekerja peserta BPJAMSOSTEK khususnya diharapkan bisa memproteksi dari dampak COVID-19, sehingga pandemi ini bisa segera berlalu," tutup Dewi 

Baca juga: Karyawan BPJAMSOSTEK Cilacap bagikan paket ke nelayan

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024