Purwokerto (ANTARA) - Sebanyak 276 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Adaptasi Kebiasaan Baru di lima kecamatan se-Kabupaten Brebes, Jateng.

Pelepasan dan penyambutan 276 mahasiswa peserta KKN tersebut dilakukan secara virtual oleh Wakil Rektor UMP Bidang Akademik dan Kerja Sama Ir Aman Suyadi serta Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Kabupaten Brebes Nurul Hidaya SH MT pada hari Rabu (4/8).

Saat menyerahkan mahasiswa peserta KKN kepada Baperlitbangda Kabupaten Brebes, Wakil Rektor Aman Suyadi mengharapkan mahasiswa yang melaksanakan KKN dapat bersinergi dalam mengatasi masalah yang dihadapi di Kabupaten brebes

"Saya berharap mahasiswa dapat melakukan edukasi, pendampingan, pembagian informasi, serta pemberian inovasi kepada masyarakat di desa dengan keahlian di bidang masing-masing," katanya .

Baca juga: 289 mahasiswa UMP laksanakan KKN Adaptasi Kebiasaan Baru di Kebumen

Selain itu, kata dia, mahasiswa KKN diharapkan bisa memperoleh dan menyalurkan ilmunya di mana mereka berada dengan tetap membawa nama baik pribadi maupun instansi.

"Cara pembelajaran di kampus dengan di masyarakat tentu saja sangat berbeda, karena KKN adalah upaya pembelajaran pemberdayaan mahasiswa di lingkungan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kabid Penelitian dan Pengembangan Baperlitbangda Kabupaten Brebes Nurul Hidayat mengharapkan mahasiswa UMP yang tengah melaksanakan KKN dapat menjadi agen perubahan, mengedukasi masyarakat, dan memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan di desa masing-masing.

"Kami siap memfasilitasi mahasiswa KKN dengan rasa yang nyaman, sehingga pembelajaran pemberdayaan masyarakat dapat berjalan dengan lancar dan dapat mencapai hasil yang maksimal. Peran mahasiswa dapat menjadi motivator, pemberi informasi, serta penghubung antarsistem sehingga terwujud perubahan yang baru," katanya. (nov)

Baca juga: LPPM UMP terjunkan 65 mahasiswa untuk laksanakan KKN di Kota Banjar
Baca juga: Mahasiswa KKN UMP bantu atasi persoalan COVID-19 di Wonosobo

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024