Purwokerto (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menerjunkan sedikitnya 65 mahasiswa untuk melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Kota Banjar, Jawa Barat. 

Pelepasan 65 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Kota Banjar itu dilakukan secara virtual oleh Wakil Rektor UMP Bidang Riset Inovasi dan Sumber Daya Manusia Dr Anwar Ma'ruf MT pada hari Selasa (3/8).

Dalam kesempatan itu, Anwar Ma'ruf mengharapkan mahasiswa UMP yang akan melaksanakan KKM dapat menjalin kerja sama dengan baik dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi masyarakat.

"Besar harapan kami kerja sama ini bisa berlanjut ke arah yang lebih luas di LPPM dalam penelitian atau kajian-kajian yang dilakukan oleh pemerintah," katanya. 

Baca juga: Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto ciptakan permen Anticorona

Ia mengatakan dengan adanya KKN, mahasiswa dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan pandemi COVID-19. 

"Saya berharap dilaksanakannya KKN, mahasiswa dapat memberikan edukasi kepada masyarakat yang mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pencegah atau menghentikan wabah COVID-19," katanya menegaskan. 

Sementara itu, Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjar Husen Husaini ST MAp mengharapkan mahasiswa dapat ikut serta menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat Kota Banjar.

"Kami sangat menyambut baik kedatangan teman-teman mahasiswa KKN UMP di tengah masyarakat. Dengan adanya program KKN ini, semoga kita dapat saling bersinergi bersama untuk berkerja sama dalam melaksanakan program pemerintah khususnya dalam permasalahan kesehatan dan ekonomi di tengah pendemi," katanya. (nov/tgr)

Baca juga: Mahasiswa KKN UMP bantu atasi persoalan COVID-19 di Wonosobo
Baca juga: UMP akan menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat umum di Banyumas

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024