Cilacap (ANTARA) - Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap bersama warga menyulap Jalan Banjaran, Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menjadi taman yang asri dan indah.

Taman yang di tepi jalan yang berbatasan dengan area kilang pengolahan minyak Pertamina RU IV dan diberi nama Banjaran Kolaboratif Garden itu diresmikan oleh General Manager Pertamina RU IV Cilacap Joko Pranoto pada hari Selasa (2/3).

Dalam kesempatan itu, GM Pertamina RU IV Joko Pranoto mengharapkan warga sekitar agar taman yang sudah dibuat bersama tersebut bisa terus dijaga dan dipertahankan. 

"Dengan semangat kolaborasi Pertamina dan warga ternyata bisa menjadikan area ini menjadi lebih baik. Mari sama-sama menjaga area yang sudah bagus dan indah ini yang sekaligus menjadi daya tarik baru," katanya. 

Melalui kegiatan tersebut, kata dia, Pertamina membuktikan kepada warga bahwa salah satu tugas perusahaan mendorong masyarakat lebih mandiri, tercapai. 

"Perusahaan kami ada di tengah-tengah masyarakat. Maka sudah menjadi kewajiban kami untuk ikut memberdayakan dan mendorong masyarakat melalui potensi yang ada di lingkungan seperti dengan pembuatan taman ini," katanya.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Joko Pranoto didampingi Manager HSSE Agung Darmawan. Kegiatan juga dihadiri manajemen Pertamina RU IV, pejabat Pemerintah Kelurahan Donan, para Ketua RT dan Ketua RW 22, serta warga sekitar. 

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan taman tersebut berawal dari ajang Banjaran Kolaboratif Garden Competition yang merupakan rangkaian kegiatan Bulan K3 yang digelar sejak Jumat (26/2) di tepian Jalan Banjaran sepanjang lebih kurang 500 meter. 

Baca juga: Kilang Pertamina Cilacap terima kunjungan siswa SD secara virtual

"Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut lomba mural yang sebelumnya digelar di lokasi yang sama pada Desember 2020. Sesuai harapan GM, agar Jalan Banjaran juga dilengkapi taman setelah tembok-temboknya dilukis mural. Kami mendesainnya dengan lomba yang melibatkan warga sekitar," katanya.

Ia mengatakan ebelum lomba menghias taman, selama dua minggu dilakukan pembersihan dan normalisasi saluran air di area tersebut serta pengecatan dinding pembatas area operasional Pertamina yang dilakukan bersama warga. 

"Lomba dibagi dua batch dengan masing-masing batch diikuti 10 tim beranggotakan masing-masing 5 orang. Setiap batch diberi waktu dua hari untuk pengerjaaan taman," katanya menjelaskan.

Juri yang terdiri dari perwakilan Pemerintah Kabupaten Cilacap dan internal Pertamina menetapkan enam taman terbaik. Tiga besar di antaranya adalah juara I diraih Tim I, Juara II diraih Tim Amanah, dan Juara III diraih Tim Personal Floatation Device

Dalam kesempatan itu Pertamina juga menyerahkan bantuan alat- alat olahraga, 40 pasang sepatu safety bagi anggota Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas), serta bantuan life jacket.

Baca juga: GM RU IV ingatkan perwira Pertamina tingkatkan kontrol diri
Baca juga: Pertamina Cilacap serahkan satu unit perahu fiber untuk nelayan

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024