Magelang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa mulai menyuntikkan vaksin COVID-19 tahap kedua kepada para penerima di GOR Gemilang.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Dwi Susetyo di Magelang, mengatakan pada pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini Dinkes Kabupaten Magelang baru menerima 1.200 vial atau 12.000 dosis.

Pada tahap kedua ini, katanya sasaran utama adalah para pegawai di lingkungan Pemkab Magelang, anggota TNI/Polri, wartawan, pegiat wisata, atlet, dan lainnya.

Jadwal pelaksanaan pada hari pertama ini vaksinasi diikuti oleh pegawai dari 9 instansi di lingkungan Pemkab Magelang.

"Sesuai jadwal yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, total sasaran hari pertama ada sebanyak 214 pegawai yang divaksinasi," katanya.

Sejumlah pegawai yang divaksinasi tersebut berasal dari BKPPD Kabupaten Magelang 48 orang, Bappeda dan Litbangda 40 orang, Bagian Pemerintahan Setda 11 orang, Bagian Kesra Setda 19 orang, DPRKP 32 orang, Bagian Perekonomian Sekda 7 orang, Dispermades 48 orang, dan Bagian Organisasi Sekda 9 orang.

Setelah dari GOR Gemilang ini, katanya lokasi vaksinasi akan dilakukan menyebar ke sejumlah fasilitas kesehatan lainnya, di antaranya Puskesmas Mungkid, Puskesmas Borobudur, dan lainnya.

"Tahapan setiap vaksinasi, orang yang datang akan antre untuk dilakukan regristrasi terlebih dahulu, kemudian pemeriksaan kesehatan, baru dilakukan suntik vaksinasi. Setelah suntik, orang tersebut diminta menunggu sekitar 30 menit untuk melihat perkembangan ada gejala atau tidak," katanya.

Ia mengatakan proses vaksinasi setiap orang dilakukan sebanyak dua kali dan akan mendapatkan vaksin kembali setelah 14 hari.

"Bagi calon penerima vaksinasi, jika berhalangan karena sakit maka akan diatur ulang. Nanti akan ada pengaturan jadwal kembali jika yang bersangkutan sudah sembuh," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024