Rembang (ANTARA) - Bupati Jatuh Hati, Perkuat Program Satu Desa Satu Produk Unggulan  

PT Semen Gresik yang beralamat di Desa Kajar, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang  berkomitmen  untuk  terus  berkontribusi  positif  bagi  daerah  serta tumbuh  dan  berkembang  bersama  masyarakat  sekitar  perusahaan.  
Salah  satu bentuk  komitmen  itu  diwujudkan  melalui  progam  Edupark  yang  diresmikan pemanfaatannya oleh Bupati Rembang H Abdul Hafidz.

 Rupanya, Edupark yang merupakan bagian dari program Perkebunan, Pertanian, Perikanan dan Peternakan Terpadu (P4T)  PT Semen Gresik ini justru  membuat orang  nomor  satu  di  Rembang  ini  jatuh  hati.  Bahkan,  Abdul  Hafidz  ingin  agar program  Edupark  yang  setelah  diresmikan,  pengelolaannya  diserahkan  ke BUMDes Kajar ini bisa diterapkan di desa-desa yang ada di Kabupaten Rembang.   

Edupark  ini  memperkuat  progam  pemerintah  berupa  one  village  one  product. Sebab  seiring  kehadiran  Edupark  maka  desa-desa  sekitar  perusahaan persemenan terkemuka ini bisa memiliki satu produk unggulan berbasis potensi lokal. Seperti apa?  



Tawa H Abdul Hafidz langsung pecah ketika mendengar kelakar dari Kapolres AKBP Dolly A Primanto, Forkompinda Rembang serta jajaran Direksi PT Semen Gresik saat meninjau  kawasan  Edupark,  baru-baru  ini.  

Candaan  dan  guyonan  tanda  keakraban tersebut  terus  ada sembari mereka  mengitari lahan  Edupark  yang luasnya  mencapai 1,2 hektare.  

“Kalau hasilnya bagus seperti ini, bisa jadi Pak Bupati Rembang pindah haluan menjadi pengusaha,  nih,”  canda  AKBP  Dolly  yang  disambut  tawa  Bupati  H  Abdul  Hafidz  dan rombongan.  

Rupanya,  paparan  tentang  Edupark  yang  dipandu  Kepala  Unit  Komunikasi dan  Bina Lingkungan  PT  Semen  Gresik  Syaichul  Amin  dan  Konsultan  Edupark  Sri  Wahyuni membuat  Abdul  Hafidz  dan  rombongan  terkesima.  

Bahkan  saat  berada  di  kandang ayam arab dan burung puyuh, Abdul Hafidz sempat meminta Sri Wahyuni agar datang ke  rumah  dinasnya  untuk  menjelaskan  lebih  rinci  dan  sekaligus  membuatkan  hal serupa.

 “Bisa nggak, ibu buatkan satu di rumah dinas? Saya ingin praktik langsung. Kalau memang dijalankan  saya  akan  ajak  BUMDes  untuk  melihat  langsung  dan  mempraktikkan kegiatan Edupark,” ujar Abdul Hafidz. Lahan Edupark diisi  empat ekor sapi, tujuh domba morino, 100 ekor ayam, 400 ekor burung puyuh, dan 2,000 ekor lele. 

Selain itu juga ada 1500 baglog jamur, 200 batang pisang cavendish, 200 batang pepaya calina. Lalu jahe, kangkung, sawi, terong, jeruk sambel, sereh, dan tanaman hidroponik lainnya. Selain itu ada juga instalansi biogas, biourine system hingga converter untuk menghasilkan listrik skala kecil. 

Tiap hewan maupun tanaman yang ada di Edupark bisa diambil manfaatnya. Sebagai contoh  dari  ayam  Arab  dan  burung  puyuh  bisa  diambil  telurnya.  Sedang  lele  bisa dimanfaatkan dagingnya. Pisang dan pepaya dimaksimalkan buahnya. 

Tak hanya itu, jamur, kangkung, sawi, terong hingga sereh dan tanaman hortikultura lainnya juga bisa dimanfaatkan. Sedang sapi dimanfaatkan dagingnya. Domba Morino selain daging juga bulunya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan. Keistimewaan  Edupark  tak  hanya  itu. 

 Sebab  antara  satu  dengan  lainnya  juga  saling terintegrasi.  Sebagai  contoh,  dari  kotoran  sapi,  domba,  ayam  dan  puyuh  bisa dimaksimalkan untuk pupuk dan pakan ternak. Sehingga tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pupuk berbagai tanaman atau pakan ternak hingga ikan lele yang ada di lahan Edupark. Tentu saja, hal ini sangat ekonomis.    Tak hanya itu, berbagai kotoran hewan ternak itu juga bisa dimanfaatkan untuk biogas dan bahkan energi listrik.

 Jika dikonversi, hasil kotoran ternak yang jumlahnya sekitar 17 m3  itu setara 5000 watt. Sehingga cukup untuk kompor biogas dan sekaligus lampu penerangan rumah warga.  Berbagai nilai lebih tersebut yang membuat Abdul Hafidz dan Forkompinda Rembang jatuh hati. Sebab jika dihitung secara matematis, Edupark ini memang menguntungkan. 

Semisal  ternak  ayam  arab  saja.  Modal  yang  dibutuhkan  untuk  membuat  kandang beserta 100 ekor ayam arab dan pakan untuk beberapa pekan sekitar Rp36 juta.  

Ayam arab merupakan spesies yang bisa bertelur tiap hari meski tanpa ada pejantan. Jika rata-rata, ada 60 telur saja yang dihasilkan maka tiap bulan uang yang dihasilkan jutaan rupiah. Kok bisa? 60 telur dikalikan 30 hari sama dengan 1800 telur per bulan. Di pasaran  harga  satu  butir  ayam  arab  sekitar  Rp2  ribu. 

 Jika  dikalikan  maka  hasilnya Rp3,6  juta  per  bulan.  Atau  dengan  kata lain,  keuntungan  yang  diperoleh  dari  ternak ayam arab saja tiap tahun Rp7,2 juta. Produktivitas telur ayam arab itu berlangsung hingga kurun waktu 72 pekan atau sekitar 1,5  tahun. 

 Jika  sudah  tidak produktif, maka  ayam  arab  dijual  dan digantikan dengan yang  baru  dan  produktif.  Penurunan  nilai  ayam  arab  juga  tak  terlalu  signifikan.  Jika masih produktif, harga tiap ekor ayam arab sekitar Rp90 ribu. Namun jika sudah tidak produktif, harganya Rp30 ribu. 

 “Saya  ingin  ada  (Desa)  Kajar-Kajar  lain  di  Rembang.  Semen  Gresik  membangun Edupark ini Rp1,2 miliar karena bahan yang digunakan berkualitas. 

Kalau Bumdes nanti dengan  anggaran  sekitar  Rp300  juta  mungkin  sudah  bisa  membuat  yang  serupa. Bahan yang biasa tidak apa-apa yang penting konsep dan kegiatannya sama dengan ini,” harap Abdul Hafidz. Kepala  Unit  Komunikasi  dan  Bina  Lingkungan  PT  Semen  Gresik  Syaichul  Amin mengatakan  tiap  tanaman  maupun  hewan  ternak  yang  ada  di  lahan  Edupark mempunyai  nilai  ekonomi.  Bahkan  nilainya  bisa  meningkat  beberapa  kali  lipat  jika diolah menjadi produk jadi. 

Ia mencontohkan bulu domba bisa diolah menjadi beragam produk mulai dari sepatu, dompet, rebana dan lain sebagainya. sedang jamur, jahe, pisang, pepaya dan tanaman lainnya juga bisa diolah menjadi produk padi bernilai tinggi seperti keripik, sirup, aneka minuman dan lain sebagainya.   

Menurut Syaichul Amin keragaman hasil dari Edupark tersebut ikut menunjang progam pemerintah  one  village  one  product.  Dalam  beberapa  tahun  mendatang,  tiap  desa sekitar  PT  Semen  Gresik  mampu  menjadi  sentra-sentra  produk  unggulan  berbasis potensi lokal.  Semisal  Desa  Kajar  menjadi  sentra  kampung  puyuh. 

 Yang  dibutuhkan hanya cukup satu rumah memiliki satu rak untuk ternak burung puyuh. Contoh lainnya, Desa Tegaldowo menjadi sentra pengolahan pisang cavendish, Desa Kadiwono sentra 
jamur,  Desa  Timbrangan  (Rembang)  sentra  pengolahan kulit  domba,  Desa  Ngampel (Blora) jadi sentra minuman kemasan pepaya calina dan seterusnya.  

“Ujung proses ini desa-desa tersebut lebih mandiri, punya daya saing dan manfaatnya juga bisa dinikmati warga setempat,” tandas Syaichul Amin. (bersambung) (KSM)

Pewarta : KSM
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024