Purwokerto (ANTARA) - Sebanyak 22 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang berasal dari berbagai program studi memperoleh Beasiswa Indonesia Cerdas Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala BRI Cabang Purwokerto Oloan Susanto Nasution kepada Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho, M.S.I, M.H.I. saat Seminar "Success" di Aula A.K. Ashori, Gedung Rektorat UMP, Kamis (6/2), untuk diteruskan kepada 22 mahasiswa penerimanya.

Saat memberikan sambutan, Rektor menyampaikan apresiasianya kepada BRI yang telah memberikan beasiswa kepada 22 mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah itu.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada para mahasiswa, atas perolehan Beasiswa Indonesia Cerdas BRI. Saya berharap mahasiswa dapat mengelola uang perolehan beasiswa dengan baik dan memanfaatkannya untuk keperluan atau kebutuhan-kebutuhan yang terkait dengan akademik," katanya.

Baca juga: UMP berikan beasiswa bagi anak karyawan dan dosen tetapnya

Sementara itu, Kepala BRI Cabang Purwokerto Oloan Susanto Nasution mengatakan 22 mahasiswa UMP yang menerima beasiswa tersebut merupakan putra dan putri terbaik dari bangsa Indonesia.

Menurut dia, UMP merupakan salah satu dari tujuh universitas di Jawa Tengah yang menerima Beasiswa Indonesia Cerdas BRI.

"Alasan kami memilih UMP adalah karena kerja sama yang terjalin antara UMP dan BRI sudah sangat baik dan terjalin cukup lama. Kami juga ingin dari beasiswa ini, kerja sama ke depannya akan lebih baik lagi dan untuk penerima beasiswa, kami ingin mereka bisa lebih berprestasi lagi ke depannya," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala BRI Kantor Kas UMP Niken Indrawati mengatakan BRI sudah dua kali memilih UMP sebagai sasaran penerima Beasiswa Indonesia Cerdas BRI.

"Yang berbeda pada penyerahan beasiswa kali ini adalah adanya penyerahan beasiswa kepada mahasiswa UMP yang memiliki kebutuhan khusus dengan prestasi akademik yang baik. Tentunya kami sangat bangga sekali untuk dapat bekerja sama dengan UMP," katanya.

Baca juga: UMP berikan beasiswa untuk kader Muhammadiyah dan hafiz

Salah seorang penerima beasiswa, Anniko Nugrahaning mengaku sangat senang dan bersyukur atas kesempatan yang diperolehnya.

"Saya harap ke depannya UMP dan BRI masih menjalankan program ini. Dan tentunya saya sangat berterima kasih kepada UMP dan BRI atas kesempatan yang diberikan kepada kami," kata mahasiswa Fakultas Hukum UMP itu.

Berdasarkan data, jumlah mahasiswa UMP yang mengajukan Beasiswa Indonesia Cerdas BRI mencapai ratusan orang namun yang terpilih hanya 22 mahasiswa dan dua di antaranya merupakan mahasiswa penyandang disebilitas yang mengenyam pendidikan di UMP.

Beasiswa yang diberikan oleh BRI kepada mahasiswa UMP total senilai Rp110.000.000 dan setiap mahasiswa mendapatkan Rp5.000.000. (riz)


Baca juga: Sastra Inggris UMP tawarkan keluasaan pilihan belajar
Baca juga: FH UMP siap cetak sarjana hukum yang islami
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024