Purwokerto (ANTARA) - Studi Sastra Inggris di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, menawarkan keluasan pilihan belajar, dari sastra tertulis atau kanonikal hingga perwujudan sastra noncetak, semacam film atau musik, kata Dekan Fakultas Sastra Ambar Pujiyatno, S.S., M.Hum. 

"Pada program studi ini, mahasiswa akan mendapat perluasan wawasan mengenai kebudayaan manusia, cara manusia modern berpikir dan berperilaku budaya, serta secara tertata mengkritisi akses-akses dari budaya yang semakin mengglobal," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu.
 
Menurut dia, wawasan tersebut ternyata sangat dibutuhkan oleh dunia, khususnya dalam kancah perdagangan dunia yang semakin kompetitif. "Pasalnya, mengenali dan menghargai kepribadian masyarakat setempat merupakan informasi strategis bagi tindakan bisnis," jelasnya.

Ia mengatakan menjadi bagian dari alumni Sastra Inggris akan meluaskan peluang karena kemampuan bahasa, analisis, dan kepekaan terhadap fenomena budaya serta keluwesan pribadi yang terbentuk merupakan akses untuk menjelajahi segala peluang kerja. 

Baca juga: FH UMP siap cetak sarjana hukum yang islami

"Kuliah Sastra Inggris, memiliki banyak potensi. Lulusan sastra bisa bekerja di Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, atau bekerja di industri, perbankan, bea cukai, ataupun berbagai bidang yang masih membutuhkan bidang bahasa Inggris," katanya.
 
Ia mengatakan berbagai jenis pekerjaan dapat dimenangkan oleh sarjana Sastra Inggris melalui kompetensi yang dihasilkan, yaitu kemampuan berbahasa Inggris, wawasan sastra dan budaya, serta kemampuan analisis yang terasah.

Menurut dia, beragam jenis industri yang memerlukan lulusan Sastra Inggris adalah pendidikan, media, penerbitan, bisnis dan perkantoran, pariwisata, perbankan, periklanan, dan sebagainya.

"Kini, dengan berkembangnya industri kreatif dan konten yang luar biasa, kontribusi bahasa Inggris serta wawasan sosial budaya yang mengglobal juga memberikan peluang baik bagi lulusan dari jurusan ini. Lulusan dari jurusan Sastra Inggris tentunya akan sangat berperan aktif meluaskan pengaruh bisnis wirausaha ini dengan kemampuan berkomunikasi secara global yang dimilikinya," katanya.

Ia mengatakan salah satu perkembangan menarik pada dekade ini adalah maraknya jenis-jenis usaha menengah yang dimotori oleh para sarjana. 

Baca juga: Berkembang makin pesat, UMP menuju Islamic Entrepreneur University

Selain membantu menangani belum berimbangnya jumlah lulusan dengan ketersediaan pekerjaan, kata dia, inisiatif tersebut telah menambah pemasukan negara yang menjanjikan. 

Lebih lanjut, Ambar mengatakan banyak prestasi yang telah diraih Program Studi Sastra Inggris Fakultas Sastra UMP di antaranya dalam bidang olahraga seperti juara nasional taekwondo serta juara nasional dan juara internasional tapak suci.

Menurut dia, banyak pula mahasiswa Satra Inggris yang berhasil mengikuti program internasionalisasi seperti alumni mengajar dan pertukaran pelajar ke Bulgaria.

"Jumlah mahasiswa Fakultas Sastra UMP dari tahun ke tahun terus meningkat. Program unggulan yang akan selesai adalah program translation, semacam ada biro translation yang kita persembahkan dan kita kelola yang bisa bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat umum," pungkasnya. (tgr)

Baca juga: Inilah pilihan program studi bagi yang ingin kuliah di UMP
Baca juga: UMP luncurkan Pusat Studi Dakwah Komunitas

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024