Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengingatkan para aparatur sipil negara di daerah itu untuk mengikuti perkembangan kemajuan zaman sebagai bagian dari upaya mewujudkan pengabadian terbaik bagi negara dan masyarakat.

"ASN tidak boleh ketinggalan zaman," katanya saat membuka Musyawarah Kota Dewan Pengurus Korpri Kota Magelang periode 2013-2018 di Aula Adipura Kencana, Kompleks Kantor Pemkot Magelang di Magelang, Rabu.

Mereka, ujar dia, harus mengikuti perkembangan teknologi informasi, khususnya dalam upaya meningkatkan inovasi pelayanan masyarakat.

Ia menyebut penyederhanaan proses kerja pemerintahan dan pembangunan bisa dilakukan dengan menggunakan dukungan kemajuan teknologi informasi.

Ia mengatakan bahwa ASN yang terwadahi dalam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) harus memiliki kemampuan dan berkinerja yang baik karena mereka menjadi garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat dan motor penggerak pembangunan.

"ASN sekarang beda dengan dulu. Mereka sekarang harus mempunyai talenta, kinerja yang baik. Wali kota, wakil wali kota, dan sekda ini tidak ada apa-apanya, apabila Korpri tidak berdaya, apalagi jika tidak kontribusi pemikiran yang visioner, ditambah 'enterpreneur' (berjiwa kewirausahaan)," kata Sigit yang juga Pembina Korpri Kota Magelang itu.

Baca juga: Sejumlah penghargaan diserahkan pada Hari Kopri Kota Magelang

Terkait dengan kegiatan musyawarah itu, ia mengharapkan forum tersebut mampu merumuskan dan menyepakati program kerja Dewan Pengurus Korpri Kota Magelang periode 2019-2024.

Target yang akan diraih dalam kurun waktu tersebut, antara lain terus eksis melaksanakan tugas-tugas kepemerintahan, mendorong peningkatan kapasitas dan kapabilitas jajaran ASN, mendongkrak kinerja pembangunan dan pelayanan publik, serta menjadi teladan bagi masyarakat dalam menegakkan kebenaran, budi pekerti, etika, dan profesionalisme.  

Dalam musyawarah tersebut, Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Magelang periode 2019-2024, menggantikan ketua periode sebelumnya, Sugiharto.

Wakil Ketua Dewan Pengurus Korpri Provinsi Jawa Tengah Teguh Winarno Haruno menyampaikan bahwa musyawarah merupakan forum silaturahim pengurus dan anggotanya, mengevaluasi kinerjanya, sekaligus memilih orang-orang yang berkompeten untuk kepengurusan periode yang akan datang.

Ia juga mengatakan ASN harus memiliki inovasi dan terobosan dalam upaya memberikan pelayanan masyarakat dan membangun daerah.

Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Magelang periode 2019-2024, Joko Budiyono, menyatakan komitmen meningkatkan kinerja pada kepengurusan yang dipimpinnya. 

Ia juga berterima kasih kepada pengurus sebelumnya atas kontribusi mereka selama ini, sedangkan berbagai program yang baik akan terus dilanjutkan.

"Saya siap mengemban tugas sebaik-baiknya, menjunjung tinggi profesionalisme dan berupaya meningkatkan kemampuan," kata dia.(hms)

Baca juga: Sigit: Korpri Cermin Kinerja Pemerintah
 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024