Magelang (Antaranews Jateng) - Sejumlah beasiswa dan penghargaan diserahkan oleh Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito kepada beberapa penerima bertepatan dengan peringatan HUT Ke-47 Korpri, Hari Guru Nasional 2018, dan HUT Ke-73 PGRI tingkat Kota Magelang, Kamis.

Program beasiswa Korpri diserahkan kepada delapan pelajar berprestasi. Mereka adalah putra dan putri kalangan aparatur sipil negera (ASN) Golongan I dan II yang bertugas di lingkungan Pemkot Magelang.

Penghargaan Pacawarsa Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Magelang diberikan kepada tiga guru, yakni Y. Parjiyo (Pancawarsa Utama) dengan masa pengabdian 55 tahun, Mujiyo (Pancawarsa VI) dengan masa pengabdian 30 tahun, dan Hari Puryani (Pancawarsa II) dengan masa pengabdian 10 tahun.

"Pengabdian mereka sangat menginspirasi kita. Mereka menunjukkan kepada kita bahwa mengabdi tidak mengenal usia," ujar Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito pada acara di halaman Kantor Pemkot Magelang.

Pada kesempatan itu, diserahkan pula penghargaan kepada pemenang lomba inovasi Organisasi Perangkat Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah Kota Magelang untuk program pada 2018.

Penghargaan inovasi itu untuk DataGo karya Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominsta), Pakdewo karya Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Gemakapitasi karya Puskesmas Magelang Utara.

"Harapannya bantuan dan penghargaan dapat menjadi motivasi untuk belajar, bekerja, berkarya, dan berprestasi terbaik di masa kini dan masa mendatang," kata dia.

Terkait dengan HUT Ke-47 Korpri, Wali Kota Sigit membacakan amanat tertulis Presiden Joko Widodo yang antara lain mengatakan bahwa mulai 2019 pemerintah melakukan program besar-besaran untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin berat.

"Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor, SDM di semua lapis pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan. SDM kita harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknlogi yang sedang berubah cepat," katanya.

Dia meminta seluruh jajaran ASN segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi penguatan SDM dan membangun talenta-talenta anak bangsa.

"Dengan peran ASN yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, saya yakin transformasi kualitas SDM ini bisa dilakukan secara besar-besaran dan akan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa," katanya. (hms)
 

Pewarta : Hari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024