Magelang (ANTARA) - Dua siswa asal Kota Magelang terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Jawa Tengah dan nasional pada 2019.

"Kita patut berbangga atas pencapaian prestasi ini, sebab ada dua anak dari tim Paskibraka 2019 yang menjadi duta Kota Magelang menjadi tim Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Tengah dan nasional," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Djarwadi dalam keterangan tertulis di Magelang, Selasa.

Ia mengatakan hal itu saat membuka Pusat Latihan Daerah (Puslatda) Paskibraka SMA/SMK Kota Magelang di halaman Kantor Disporapar Kota Magelang, Senin (1/7).

Keduanya merupakan anggota tim Paskibraka tingkat Kota Magelang 2019 yang telah lolos seleksi. Dua siswa tersebut, Muhammad Fanny Nur Wibowo dari SMA Negeri 1 Magelang untuk Paskibraka tingkat nasional dan Fithriya Nurhana dari SMA Negeri 3 Magelang untuk Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Tengah. 

Mereka akan mengikuti Puslatda Paskibraka Jawa Tengah di Semarang untuk tingkat provinsi, mulai 4 Agustus 2019, sedangkan untuk tingkat nasional harus mengikuti pusdiklat di Jakarta, mulai 25 Juli 2019.

Dengan demikian, ada 43 dari sebelumnya 45 siswa yang menjadi Paskibraka Kota Magelang 2019. Mereka akan mengemban tugas mengibarkan bendera pusaka pada upacara peringatan HUT Ke-74 RI tingkat Kota Magelang.

Puslatda Paskibraka Kota Magelang diikuti seluruh anggota Paskibraka, terdiri atas 25 siswa dan 20 siswi. 

Hadir dalam upacara pembukaan puslatda para orang tua/wali siswa, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Magelang 2018, instrukur dan pelatih pendamping dari Polres Magelang Kota dan Kodim 0705/Magelang.

Menurut Djarwadi, Paskibraka melatih siswa menjadi pribadi yang cakap, disiplin, terampil, dan membentuk jiwa kepemimpinan. 

Dia mengharapkan pada masa mendatang mereka berdedikasi tinggi dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Gunakanlah kesempatan kali ini berlatih, berdisiplin, bekerja sama, kompak, serta serasi dalam suatu tim yang solid," katanya. 

Kepala Bidang Kepemudaan Diporapar Kota Magelang Susilo Handoyo menambahkan pelatihan dan pembinaan dilaksanakan dimulai akhir Juni 2019 sampai menjelang upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang. 

Seluruh rangkaian kegiatan dipandu pelatih yang berkompeten di bidang Tata Upacara Bendera Peraturan Baris Berbaris (TUB PBB) dari Polres Magelang Kota, Kodim 0705/Magelang, dan PPI Kota Magelang 2018. (hms)
 

Pewarta : Hari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024