Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono mengimbau masyarakat untuk menggiatkan tradisi sistem keamanan lingkungan (Siskamling) menjelang Pemilu dan Pilpres 2019.

    
"Kami imbau agar masyarakat menggiatkan Siskamling menjelang pelaksanaan pesta demokrasi agar wilayah Banjarnegara makin aman dan kondusif," katanya di Banjarnegara, Rabu.

Dia menjelaskan, Siskamling diharapkan dapat mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan di lingkungan sekitar terutama menjelang April 2019.

Menurut dia, tradisi Siskamling ini telah berjalan sejak lama dan turun temurun di Banjarnegara namun menjelang Pemilu ini perlu makin digiatkan lagi.

"Sejak saya menjabat Bupati sudah rutin dilaksanakan Siskamling, tapi menjelang Pemilu dan Pilpres harus lebih intensif," katanya.

Bupati berharap, di Banjarnegara tidak akan ada gangguan keamanan menjelang Pemilu dan Pilpres 2019 agar pesta demokrasi berjalan lancar dan aman tanpa ada gejolak.

Sebelumnya, dia juga mengapresiasi langkah Polres Banjarnegara yang turun langsung ke masyarakat untuk memastikan pemilu berlangsung aman dan tertib di wilayah setempat.

"Saya sangat mengapresiasi aparat Polres Banjarnegara yang turun ke kecamatan hingga ke tingkat desa, menyampaikan kepada masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pemilu 2019," katanya.

Bupati juga mengingatkan agar masyarakat tidak ikut serta menyebarkan berita bohong atau hoaks.

"Masyarakat tentu sudah memahami bahaya peredaran berita bohong atau hoaks yang dapat menimbulkan fitnah, perselisihan dan perpecahan bangsa," katanya.

Untuk itu, masyarakat perlu membudayakan dan meningkatkan literasi  media, serta selalu menyaring informasi yang didapatkan sebelum menyebarluaskannya.

"Dengan demikian akan menciptakan masyarakat yang produktif, konstruktif, dan positif. Dan akan menjadi bagian dari fondasi untuk menjadi bangsa yang besar, kokoh, kuat dan maju," katanya.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024