Magelang - Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang (YoMa) tetap menggelar rutin kajian keagamaan Islam di tengah padatnya perkuliahan dan kegiatan para intelektual muda tersebut.

Kajian agama yang digelar di Polbangtan YoMa, Rabu (20/2) pagi itu mengambil tema "Pemuda Baper" itu. Kegiatan kerohanian ini diprkarsasi organisasi Kerohanian Islam (Rohis) Polbangtan .

Kajian tersebut menarik berkat semangat mahasiswa untuk menggali ilmu agama yang pada saat ini dirasa anak muda lebih jarang memperhatikan untuk pedoman hidup. 

"Pemuda Baper" yang melatarbelakangi tema itu ialah peran pemuda masa kini yang dapat membawa perubahan di masa akan datang.

Baper dalam tema tersebut merupakan akronim "bawa perubahan", bukan bawa perasaan yang saat ini sedang trending di kalangan muda. 

Kajian rutin ini dibuka oleh Ir. Endra Prasetyanta, MP yang menekankan bahwa perubahan yang dilakukan oleh pemuda, terutama mahasiswa, harus dapat menunjukkan Indonesia menjadi negara yang lebih baik dan mampu menjadikan negeri ini sebagai lumbung pangan dunia berdasarkan nilai-nilai Ketuhanan dan keagamaan.
 
Kajian tersebut diisi oleh Ustaz Andi Triyanto, M.Si, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

Ia memberi materi berkaitan dengan pemuda yang masih mengedepankan akidah, yang seharusnya masih dijunjung tinggi pada masa kini dalam menjalankan kehidupan.

Selain itu, ia juga memaparkan kriteria pemuda yang dapat membawa perubahan untuk Indonesia ke depan. Andi mengingatkan mahasiswa untuk selalu mengedepankan niat serta usaha perjuangan yang sudah ditetapkan sejak awal akan melangkah.

Kajian tersebut akan dilaksanakan rutin setiap bulan oleh mahasiswa dan diikuti dosen serta staf kampus Polbangtan, dengan pemateri yang berbeda setiap bulannya, baik pemateri dari pilihan mahasiswa ataupun materi yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Organisasi Rohis Polbangtan yang diketuai oleh Yousun Hadi tetap mengadakan kajian Islam untuk menumbuhkan dan menambah ilmu agama mahasiswa.

Diharapkan, hasil kajian tersebut dapat terus meningkatkan kualitas mahasiswa dari segi kecerdasan emosional (ESQ),  selain kecerdasan intelektual yang harus digali serta dijalankan di Kampus Polbangtan YoMa Jurusan Peternakan. (Polbangtan/Siska Nuzuliyah/Tantyanuar)                                                  

 

Pewarta : KSM
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024