Semarang (Antaranews Jateng) - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Noodle Division Cabang Semarang (Indofood Noodle Semarang) menggandeng Warung Makan Indomie (Warmindo) untuk pengelolaan sampah dengan meluncurkan inisiasi pengumpulan kemasan Indofood, sehingga dapat mengurangi sampah plastik.

Bezaliel Pakke selaku Branch Human Resources Manager Indofood Noodle Semarang didampingi Herlinda Murap selaku CSR Environment Manager PT Indofood Sukses Makmur Tbk menyampaikan bahwa Indofood turut aktif mendukung program pemerintah dalam upaya mengelola sampah termasuk sampah plastik untuk mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan termasuk pencegahan kebocoran sampah plastik ke laut.

Hal tersebut disampaikan pada acara halal bihalal yang di hadiri Indofood dan 150 pemilik Warmindo area Semarang di Hotel Patra Semarang, Jumat.

"Pengelolaan dilakukan langsung di sumber sampah untuk menekan biaya pengumpulan dan pengangkutan ke tempat pengolahan akhir (TPA), sehingga nilai sampah bertambah, kesehatan dan produktivitas warga terjaga, dan dapat memperpanjang umur TPA. Kegiatan ini dapat membentuk rantai ekonomi sampah sebagai bagian dari upaya membangun Circular Economy sampah," jelas Bezaliel Pakke.

Menurut Bezaliel, Warmindo adalah mitra pemanfaat produk Indofood yang cukup besar, sehingga keterlibatan Warmindo dalam pengelolaan sampah dapat menghasilkan pola dan mekanisme yang efisien dan dapat diaplikasikan ke tempat lain.

"Pada tahap awal kami akan bermitra dengan 25 outlet Warmindo dulu untuk menemukan mekanisme pengumpulan yang tepat dan efektif. Untuk selanjutnya kami akan meluaskan program dengan melibatkan outlet Warmindo lainnya," kata Bezaliel Pakke.

Untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada Warmindo, Indofood Noodle Semarang menggandeng Yayasan Bintari mengenai pentingnya mengelola sampah dari sumber melalui kegiatan pemilahan dan pengumpulan seluruh produk sampah yang dihasilkan. Sampah pilah selanjutnya akan dijemput oleh Yayasan Bintari dan dijual ke Bandar Sampah Besar atau langsung ke pendaur.

Sebelumnya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Noodle Division Cabang Semarang (Indofood Noodle Semarang) telah meresmikan Bank Sampah binaan di Kelurahan Kalipancur dan Kelurahan Tambak Aji, Ngaliyan Semarang pada Maret 2018 untuk mewujudkan lingkungan bersih bebas dari sampah plastik.


 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024