Wonosobo (Antaranews) - Perum Bulog Subdivre 5 Wilayah Kedu, Jawa Tengah mulai menyalurkan bantuan sosial beras sejahtera (rastra) di Kabupaten Wonosobo.

Wakil Kepala Bulog Subdivre Kedu Abdullah di Wonosobo, Rabu, mengatakan karena di Wonosobo ini agak terlambat maka penyaluran bansos rastra untuk dua alokasi, yakni bulan Januari dan Februari 2018.

Ia menyebutkan penerima bansos rastra berupa beras 10 kilogram per bulan di Kabupaten Wonosobo sebanyak 76.934 keluarga penerima manfaat.

Ia menyampaikan pada hari pertama penyaluran ini untuk alokasi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Mojotengah, Garong, dan Kecamatan Watumalang.

Ia menuturkan untuk empat kabupaten lain, yakni Kabupaten Kebumen, Purworejo, Magelang, dan Kabupaten Temanggung penyaluran bansos rastra sudah mulai dilakukan bulan Januari 2018.

"Namun, di Bulan Februari ini belum ada permintaan penyaluran, karena mereka masih melakukan evaluasi lagi disesuaikan dengan kondisi di lapangan," katanya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo, Muawal Soleh mengakui kalau penyaluran bansos rastra di Kabupaten Wonosobo agak terlambat dibanding dengan daerah lain.

"Penyaluran memang agak lambat dari daerah yang lain, karena saya tidak menghendaki kalau nanti sudah diberlakukan bantuan pangan nontunai menggunakan e-warong terjadi gejolak di lapangan," katanya.

Selain itu, katanya kalau ada keluarga penerima manfaat yang mutasi bisa diketahui sedini mungkin, termasuk mereka yang sudah meninggal. Pendataan ini sudah melalui musyawarah desa/kelurahan.

"Meskipun terlambat penyalurannya, harapan saya penerima bansos rastra ini sudah valid datanya," katanya. ***4***

(U.H018/B/S027/S027) 21-02-2018 16:56:55

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024