"Selama ini yang banyak dikeluhkan pengusaha adalah proses perizinan pengiriman barang cukup memakan waktu," kata Ketua INSA Kota Semarang M Ridwan di Semarang, Senin.

Menurut dia, pengusaha akan menyambut baik jika proses perizinan lebih cepat karena kapal juga lebih cepat berangkat.

Selain itu, para pengusaha juga mengeluhkan proses pemeriksaan barang terutama untuk komoditas tumbuh-tumbuhan di antaranya jagung, gandum, kacang, dan kapas oleh Dinas Karantina.

Meski enggan menyebutkan waktu yang dibutuhkan pada pemeriksaan tersebut, Ridwan mengatakan selama ini proses tersebut banyak dikeluhkan oleh para pengusaha.

"Ke depan, dari sosialisasi deregulasi yang kami peroleh, akan ada portal khusus untuk pemeriksaan tersebut. Harapannya ini dapat memotong waktu," katanya.

Sementara itu, khusus untuk komoditas kapas, Ridwan mengatakan selama ini para pengusaha banyak mengalami kendala pada proses pengirimannya.

"Terlalu banyak pemain yang terlibat dalam proses impor kapas dari beberapa negara ke Indonesia, khususnya Jawa Tengah," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar Pemerintah dapat membantu dan memberikan kemudahan terkait izin pergudangan untuk komoditas kapas tersebut.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024