Tujuh pasien positif COVID-19 di Pekalongan sembuh

id Tujuh pasien sembuh, Pekalongan

Tujuh pasien positif COVID-19 di Pekalongan sembuh

Bupati Pekalongan Asip Kholbih sedang mempimpin rapat penanganan COVID-19. ANTARA/HO/Dok. Humas Kabupaten Pekalongan

Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pekalongan menginformasikan tujuh di antara 18 pasien positif virus corona jenis baru (COVID-19), per 14 Juli 2020, dinyatakan sembuh sedangkan tujuh dirawat di rumah sakit, dua isolasi mandiri, dan dua lainnya meninggal.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa berdasar penilaian dari Pemprov Jateng maupun nasional, kondisi di daerah itu masuk zona kuning sehingga semua pihak harus berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran virus corona.

"Hasil evaluasi terbaru Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Pekalongan meningkat statusnya sebagai wilayah zona kuning dari sebelumnya zona hijau. Zona berubah menjadi kuning tetapi dengan risiko rendah," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Setiawan Dwi Antoro itu, mengatakan bahwa data kasus virus corona bersifat dinamis atau berubah sehingga warga perlu senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Data COVID-19 bersifat sangat dinamis. Terdapat daerah-daerah yang sebelumnya mungkin tidak terdampak namun dapat berubah menjadi daerah dengan risiko rendah. Begitu juga ada daerah dengan risiko rendah dapat berpindah menjadi zona risiko sedang ataupun sebaliknya," katanya.

Baca juga: Tak pakai masker, warga Pati dihukum menyapu dan pungut sampah

Berdasar data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pekalongan, jumlah orang dalam pantauan (ODP) sebanyak 612 orang terdiri atas 564 orang selesai pantauan dan 47 orang masih dalam pantauan, serta satu orang meninggal.

Adapun jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 45 orang terdiri atas 29 orang dinyatakan sembuh atau sehat dan 16 meninggal.

"Oleh karena, kami berharap pada warga mematuhi protokol kesehatan, meski kita sudah melakukan adaptasi kehidupan baru," katanya.
Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 bertambah 947 kini menjadi 37.636
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar