Jelang normal baru, Pemkab Batang siap membuka empat objek wisata

id Pemkab Batang,objek wisata,normal baru

Jelang normal baru, Pemkab Batang siap membuka empat objek wisata

Bupati Batang Wihaji didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Wahyu Budi Santosa, serta Kepala Pimpinan Protokol dan Komunikasi Triossy Juniarto saat mengecek kesiapan objek wisata Dolphin Center. ANTARA/Kutnadi

Hanya saja, hal yang perlu diperhatikan pengunjung adalah harus menaati protokol kesehatan saat akan masuk ke objek wisata itu seperti memakai masker
Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, bersiap membuka empat objek wisata seiring dengan akan dilakukannya uji coba penerapan tatanan kehidupan baru atau normal baru, kata Bupati Batang Wihaji.

"Saat ini, kita siap warming up (pemanasan) pada penerapan tatanan baru. Oleh karena, kita telah mengecek beberapa titik seperti objek wisata, masjid, pasar moderen akan dibuka lagi dengan catatan protokol kesehatan akan lebih ketat," katanya di Batang, Selasa.

Menurut dia, sebanyak empat objek wisata yang rencananya dibuka lagi adalah Taman Safari Dolphin Center Jateng, objek wisata River Tubing (arung jeram) di Pandansari, Agrowisata Pagilaran, dan wisata alam Sikembang.

Adapun untuk kesiapan Taman Safari Dolphins Center, kata dia, bisa dikatakan sudah memenuhi kesiapan untuk menerima wisatawan karena lokasinya terbuka dan lebih mudah untuk mengatur jaga jarak tempat duduk pengunjung yang akan melihat atraksi lumba-lumba.

Baca juga: Pemkab Batang uji coba penerapan normal baru di tiga titik

"Hanya saja, hal yang perlu diperhatikan pengunjung adalah harus menaati protokol kesehatan saat akan masuk ke objek wisata itu seperti memakai masker, Siapa pun pengunjungnya harus memakai masker karena apabila tidak memakai (masker) dan memiliki suhu badan di atas 38 derajat celcius maka (pengunjung) akan dilarang masuk ke objek wisata," katanya.

Penegasan aturan protokol kesehatan ini, kata dia, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19) antarpara pengunjung objek wisata.

"Kita akan melakukan koordinasi dalam pengawasan terhadap pengunjung agar tidak menimbulkan masalah yang baru yaitu objek wisata dibuka tetapi akan melahirkan pandemi COVID-19 klaster baru," katanya.

Ia mengatakan untuk kesiapan di objek wisata Agrowisata Pagilaran, Sikembang, dan River Tubing juga dinilai sudah bisa dibuka untuk menerima wisatawan.

Baca juga: Bupati Temanggung sebut normal baru perlu aturan baru

"Di lokasi objek River Tubing Desa Pandansari, Kecamatan Warungasem berupa aliran sungai deras sehingga kami nilai siap untuk menerima wisatawan," katanya.

Bupati Wihaji menambahkan pembukaan beberapa tempat objek wisata dan ibadah pada uji coba penerapan tatanan kehidupan baru (New Normal)  yang direncanakan dibuka pada Minggu depan.

Bagian Humas Dolphins Center Batang Sutejo mengatakan pengelola objek wisata siap menjalankan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah (pemda) terkait dengan akan diuji cobakan objek wisata Dophin Center untuk dibuka kembali di tengah pandemi COVID-19.

"Kita siap memenuhi persyaratan yang diatur oleh pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di lokasi objek wisata," katanya.

Baca juga: Hadapi normal baru, Polda Jateng bentuk 284 Kampung Siaga COVID-19
Baca juga: Asita Jateng: Penerapan normal baru butuh simulasi
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar