Pertamina bangun Pertashop di 3 desa Soloraya Jateng

id Pertamina, Pertashop

Pertamina bangun Pertashop di 3 desa Soloraya Jateng

Pertashop di Desa Karanglo, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. ANTARA/HO/Humas Pertamina

Kalau ke depan targetnya seluruh desa bisa dengan mudah dapat BBM melalui pembangunan Pertashop ini
Solo (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) membangun Pertashop di tiga desa di Soloraya, Jawa Tengah, sebagai bentuk komitmen untuk memeratakan penyediaan energi terutama BBM dan elpiji hingga ke daerah pedesaan.

"Untuk di Soloraya ada di Desa Klewor dan Desa Juwangi di Kabupaten Boyolali dan Desa Karanglo di Kabupaten Karanganyar," kata Pejabat Sementara General Manager Pertamina MOR IV Teuku Johan Miftah di Solo, Kamis.

Teuku Johan Miftah mengatakan ketiga Pertashop tersebut akan dipasok dari Fuel Terminal Boyolali.

Menurut dia, untuk di Jawa Tengah tepatnya ada 10 unit Pertashop yang tersebar di 10 titik pedesaan.

Teuku Johan mengatakan pembangunan Pertashop tersebut dalam rangka menindaklanjuti nota kesepahaman antara pemerintah pusat dan PT Pertamina (Persero) beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Bupati harapkan usaha Pertashop di Banyumas berkembang

Ia juga mengatakan jumlah tersebut akan terus bertambah sesuai dengan kesiapan Pertamina serta sarana dan prasarana desa di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

"Meskipun telah ditargetkan, pendirian Pertashop juga harus memperhatikan aspek HSSE (kesehatan dan keselamatan kerja), alur pasokan BBM, dan proses instalasi di desa tujuan. Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintahan desa setempat agar pembangunan Pertashop tersebut akan optimal melayani masyarakat," katanya.

Menurut dia, untuk tahap awal ini Kementerian Dalam Negeri telah bersurat kepada seluruh kepala daerah untuk mendukung pembangunan Pertashop di seluruh Indonesia.

"Pada prinsipnya Pertashop merupakan salah satu sarana bagi masyarakat pedesaan untuk mendapatkan BBM secara mudah dengan kualitas yang baik," katanya.

Sementara itu, Senior Supervisor Communication and Relations Pertamina MOR IV Arya Yusa Dwicandra mengatakan untuk pemilihan lokasi pendirian Pertashop merupakan rekomendasi dari Pemda setempat.

"Kalau ke depan targetnya seluruh desa bisa dengan mudah dapat BBM melalui pembangunan Pertashop ini," katanya.

Ia mengatakan sejauh ini belum semua jenis BBM yang tersedia di Pertashop. Untuk sementara ini baru tersedia Pertamax dan ke depan akan ada Pertadex atau Dexlite.

Baca juga: Pertamina bakal kembangkan Pertashop di seluruh desa
 
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar