UMP laksanakan ujian tengah semester secara daring

id uts ump,uts online

UMP laksanakan ujian tengah semester secara daring

Tampilan laman ujianonline.ump.ac.id. ANTARA/HO-UMP

...dengan ini kami sampaikan bahwa ujian sebagaimana dimaksud dapat diakses melalui laman ujianonline.ump.ac.id
Purwokerto (ANTARA) - Pembatasan jarak interaksi sosial (social distancing) menjadi langkah penting dalam pencegahan penyebaran COVID-19, sehingga metode belajar satuan pendidikan termasuk perguruan tinggi berganti dari tatap muka menjadi dalam jaringan (daring/online).

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sebagai salah satu perguruan tinggi tidak hanya menyiapkan pembelajaran daring, juga telah melakukan ujian tengah semester (UTS) secara online.

Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama Dr. Jebul Suroso mengatakan pihaknya telah menyiapkan sistem untuk perkuliahan dan UTS daring. 

Baca juga: UMP berlakukan pembelajaran jarak jauh antisipasi penyebaran COVID-19

"Menyusuli surat kami Nomor A5.II/ 591 -S.Pb/UMP/III/2020 tanggal 25 Rajab 1441 H/20 Maret 2020 M tentang UTS Online, dengan ini kami sampaikan bahwa ujian sebagaimana dimaksud dapat diakses melalui laman ujianonline.ump.ac.id," katanya di Purwokerto, Senin. 

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan bagi dosen yang akan melaksanakan ujian daring dapat login melalui laman ujianonline.ump.ac.id, selanjutnya menggunakan akun SIM-Dosen dengan memasukan NIP dan password

Sementara untuk mahasiswa, cara login pada laman ujianonline.ump.ac.id menggunakan akun SIA/KRS Online dengan memasukkan NIM dan password.

"Verifikasi data diri. Jika sudah benar, pilih lanjut untuk ke halaman jadwal namun jika salah maka pilih bukan saya," jelasnya.

Baca juga: Corona merebak, daftar kuliah di UMP dari rumah saja

Ia mengatakan selanjutnya mahasiswa akan masuk ke halaman info dan ketentuan. Pada halaman tersebut, mahasiswa mendapatkan informasi tentang info ujian yang akan diujikan.

"Jika sudah paham, maka pilih mulai ujian untuk ke halaman soal, dan mahasiswa memulai untuk sesi ujian. Selanjutnya, akan diminta untuk menjawab soal yang disediakan," katanya.

Menurut dia, tombol next berfungsi untuk melanjutkan menjawab soal berikutnya, tombol backberfungsi untuk kembali ke soal sebelumnya, dan tombol finish berfungsi untuk mengakhiri sesi ujian.

"Jenis soal essay dan jenis pertanyaan isikan manual lalu upload file pdf. Perhatikan waktu yang tersisa di pojok kiri, jika waktu habis maka akan otomatis logout dan mengakhiri sesi ujian. Jika sudah selesai silahkan logout aplikasi," katanya.(tgr)

Baca juga: Daftar kuliah di UMP sambil berdonasi untuk penanganan COVID-19
Baca juga: Rektorat UMP ajak mahasiswa terlibat dalam aktivitas pencegahan COVID-19
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar