Ratusan personel TNI - Polri diturunkan pengamanan Stadion Manahan

id Ratusan personel TNI Polri ,diturunkan pengamanan Stadion Manahan

Ratusan personel TNI - Polri diturunkan pengamanan Stadion Manahan

Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta Brigjen TNI Rafael Granada Baay saat melakukan koordinasi pengamanan tamu VVIP, di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2/2020) (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - Ratusan personel baik dari TNI maupun Polri siap diturunkan untuk mengamankan peresmian stadion dan pertandingan persahabatan antara Persis melawan Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Sabtu.

Menurut Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta Brigjen TNI Rafael Granada Baay aparat pengamanan baik TNI maupun Polri telah menurunkan 800 hingga 1.000 personel untuk pengamanan acara peresmian Stadion Manahan, sekaligus pertandingan sepak bola persahabatan Persis-Persib.

"Kami sudah antisipasi adanya kunjungan Presiden di Stadion Manahan Solo, karena bertepatan adanya kegiatan pertandingan persahabatan Persis melawan Persib, pada Sabtu malam ini," kata Danrem.

Danrem mengatakan pengamanan VVIP, sebelumnya telah melakukan rapat koordinasi pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo, di Solo dan sekitarnya. Rapat koordinasi dilakukan antara wilayah dan bersama stakeholder.

Baca juga: Besok, Presiden Jokowi resmikan Stadion Manahan Solo
Baca juga: Walikota Surakarta klaim dapat izin penggunaan Stadion Manahan laga Persis vs Persib


Bahkan, pihaknya telah melakukan gladi pengamanan rute yang dilewati Presiden Joko Widodo. Selain di wilayah Solo, Presiden Jokowi ada kegiatan di Kabupaten Wonogiri.

"TNI dan Polri termasuk dari Paspampres sudah siapkan pengamanan di Stadion Manahan Solo, dan kegiatan Presiden meresmikan stadion," kata Danrem yang juga sebagai Komandan Satuan Tugas Pengamanan (Dansatgaspam) tamu VVIP di Surakarta.

Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Andy Rifai mengatakan Polresta Surakarta telah siap membantu pengamanan bersama TNI selama kegiatan Presiden Jokowi di Solo dan sekitarnya.

"Kami awalnya menyiapkan 800 personel untuk pertandingan sepak bola Persis melawan Persib di Stadion Manahan Solo, tetapi ternyata sekaligus ada kegiatan Presiden meresmikan langsung stadion, sehingga koordinasi pengamanan dari Paspampres," katanya.

Menurut Kapolres pertandingan persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung, diperkirakan akan dihadiri sekitar 20.000 suporter Pasoepati dan masyarakat mencinta bola di Kota Solo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Stadion Manahan Solo, sekaligus melihat langsung pertandingan sepak bola persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono mengatakan awalnya rencana peresmian Stadion Manahan oleh presiden dilakukan bersamaan dengan peresmian kereta api bandara, pada Sabtu (29/2) atau akhir bulan ini.

Namun, kata Basuki, karena bersamaan acara pertandingan persahabatan tim Persis Solo melawan Persib Bandung dalam rangka HUT ke-20 Pasoepati, dan Hari Jadi ke-275 Pemkot Surakarta, Wali Kota Surakarta mengusulkan sekaligus diresmikan.

Menurut Basuki, Stadion Manahan Solo yang direnovasi dengan anggaran APBN dan menghabiskan dana sekitar Rp301,33 miliar tersebut sudah siap, dan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Baca juga: PSSI puji Stadion Manahan Solo nyaris selevel GBK

 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar