Pemkot Magelang luncurkan DataGo V.2

id aplikasi data

Pemkot Magelang luncurkan DataGo V.2

Diskominsta Pemkot Magelang meluncurkan DataGO V.2 di Borobudur International Golf & Country Club, Selasa (22-10-2019). ANTARA/HO-Diskominsta Pemkot Magelang

Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang meluncurkan portal data terbuka, DataGO V.2, melengkapi versi pertama yang dirilis pada bulan Oktober 2014.

Kepala Dinas Komunikasi dan Statistik (Diskominsta) Pemkot Magelang Catur Budi Fajar Sumarmo dalam keterangan tertulis di Magelang, Rabu, menyebut fitur DataGO V.2 lebih menarik, setelah pihaknya melakukan pengembangan beberapa modul.

"DataGO V.2 hadir dengan fitur yang lebih menarik, di antaranya menu permohonan atau 'tracking' informasi, tanya jawab (Q&A), dan menu-menu data strategis lainnya," kata dia.

Catur Budi Fajar Sumarmo menyebut portal itu juga dilengkapi dengan fitur inovatif, yakni "Bang Data", sebagai "virtual assistant" 24 jam yang memandu pengelolaan sistem secara keseluruhan.

Baca juga: Facebook akhirnya serahkan kendali data kepada pengguna

Ia menjelaskan "Bang Data" dikoneksikan dengan gawai administrator DataGO sehingga mampu memberikan notifikasi setiap saat terhadap permohonan informasi yang masuk dari masyarakat, produsen data se-Kota Magelang.

Bahkan, kata dia, mampu mengukur capaian prestasi kerja dari administrator maupun masing-masing produsen data.

"'Bang Data' hadir untuk menjamin validitas data dan meminimalisir terlambatnya publikasi data sektoral di Kota Magelang," katanya.

Catur menyatakan keberhasilan DataGO berkat komitmen seluruh pihak, khususnya para produsen data.

Ia juga mendorong produsen data di Kota Magelang terus bersemangat dan berdedikasi membangun sistem tata kelola data yang semakin baik.

Baca juga: 4 tips atasi data ponsel Android yang sesak

"Kami berharap mereka terus semangat dan berdedikasi membangun sistem tata kelola data sektoral Kota Magelang yang semakin baik," katanya.

Sejak dirintis pada 2014, DataGO telah mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Studi tiru dan duplikasi terhadap DataGO telah banyak dilakukan beberapa pemerintah daerah di Indonesia, termasuk lingkup kementerian terkait dengan ide inovasi itu.

Sejumlah prestasi terkait dengan DataGo diperoleh Kota Magelang, antara lain KIP Award 2017, IGA 2017, Krenova terbaik tingkat OPD/BUMD se-Kota Magelang pada 2018, IGA 2019, dan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Pemerintah Daerah/BUMD/BUMN dan Kementerian pada 2019. (hms).

Baca juga: Aplikasi Finansialku jamin keamanan data pengguna
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar