TMMD, Tim Kodim Cilacap berikan wawasan kebangsaan ke anak sekolah

id kodim

TMMD, Tim Kodim Cilacap berikan wawasan kebangsaan ke anak sekolah

Personil Kodim Cilacap memberikan hadiah cokelat kepada anak-anak yang aktif dalam kegiatan wawasan kebangsaan. (Foto: Humas Kodim Cilacap)

Cilacap (ANTARA) - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap yang berlangsung di Desa Cilibang salah satunya diisi oleh tim dengan memberikan wawasan kebangsaan untuk anak-anak sekolah setempat.

Memanfaatkan destinasi wisata pemancingan di Dusun Kaligintung, Krama Cenil, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Serka Yatiman bersama Sertu Mulyono melaksanakan kegiatan pemberian materi wawasan kebangsaan di area pemancingan. 

Pemilihan lokasi di area wisata pemancingan adalah untuk mencari wahana baru kepada anak-anak Desa Cilibang, sehingga mereka tidak merasakan jenuh dan bosan.

"Ini sengaja kami lakukan di tempat destinasi wisata agar anak-anak tidak merasa jenuh dan bosen. Selain itu anak-anak juga akan kelihatan fresh dan lebih cepat menangkap apa yang kami sampaikan," kata Serka Yatiman.

Tidak sekadar lokasi, tetapi kedua personil Kodim Cilacap juga menarik dalam memberikan materi juga memberikan hadiah cokelat bagi anak-anak yang aktif dalam kegiatan.

Baca juga: TMMD Cilacap, anak-Anak SD Cilibang baca buku bersama

"Pemberian hadiah ini bukan semata-mata untuk menarik anak-anak mengikuti wawasan kebangsaan, namun juga untuk memberikan rangsangan kepada mereka agar lebih berani menjawab pertanyaan dan sebagai bentuk mendekatkan hubungan ikatan kedekatan kita sebagai TNI kepada anak," kata Yatiman.

Serka Yatiman mengatakan dengan materi wawasan kebangsaan, diharapkan semakin menumbuhkan rasa saling menghormati dan menghargai, mencintai tanah air kita, serta memiliki jiwa bela negara sejak dini pada diri anak-anak. 

"Wawasan kebangsaan harus dimiliki anak-anak sejak dini, karena tanpa adanya pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan akan mengakibatkan anak-anak tidak memiliki jiwa patriot dan etika serta perilaku yang baik nantinya. Mereka adalah generasi penerus bangsa," katanya.

Materi kebangsaan terus menumbuhkan rasa percaya diri kepada para anak-anak termasuk Eko, (10), SDN 02 Jeruklegi Kulon dalam kesempatan tersebut sigap maju menyanyikan lagi Indonesia Raya. 

"Acaranya menarik, Bapak TNI memberikan pengetahuan dengan mudah dan asyik. Tempatnya juga enak," tambah Eko.

Baca juga: TMMD Cilacap, perbaikan RTLH dan jalan bersamaan
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar