Ini lima nama pimpinan DPRD Jateng

id pimpinan DPRD Jateng

Ini lima nama pimpinan DPRD Jateng

Pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPRD Provinsi Jawa Tengah periode 2019—2024 yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jateng. ANTARA/Wisnu Adhi

Semarang (ANTARA) - Lima pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah periode 2019—2024 resmi dilantik berdasarkan surat keputusan penetapan dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Pengucapan sumpah dan janji pimpinan dewan dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah Sri Sutatiek di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Senin.

Kelima pimpinan definitif itu adalah Bambang Kusriyanto (PDI Perjuangan) sebagai Ketua DPRD Provinsi Jateng dengan empat wakil ketua: Sukirman (Partai Kebangkitan Bangsa), Heri Pudyatmoko (Partai Gerindra), Ferry Wawan Cahyono (Partai Golkar), dan Quatly Abdulkadir Alkatiri (Partai Keadilan Sejahtera).

Baca juga: Ribuan mahasiswa jebol gerbang DPRD Jateng

Setelah mengucapkan sumpah dan janji, kelima pimpinan dewan menandatangani surat pelantikan serta pakta integritas yang antara lain berisi pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme.
 
Dalam pidato sambutannya, Ketua DPRD Provinsi Jateng Bambang Kusriyanto mengatakan bahwa pengucapan sumpah dan janji ini juga sebagai pintu gerbang bagi pimpinan dewan untuk melangkah lebih cepat dalam menunaikam tugas.

"Baik yang terkait tugas dan fungsi legislasi, anggaran, maupun pengawasan," ujarnya.

Baca juga: Mantan Ketua DPRD Jateng diperiksa Kejaksaan Tinggi

Pria yang akrab disapa Bambang Kribo ini juga mengajak seluruh anggota DPRD Provinsi Jateng untuk melakukan perbaikan ke dalam secara makro dalam mewujudkan parlemen modern yang menjadi cita-cita seluruh parlemen di dunia.

Ia mengungkapkan DPRD Provinsi Jateng masih memiliki tiga pekerjaan besar yang harus segera diselesaikan, yaitu pengesahan Perda APBD Jawa Tengah 2020, Perda Perhubungan, dan Perda tentang Pembentukan PT Sarana Migas.

"Untuk itu, sinergitas antara eksekutif dan legislatif menjadi kunci keberhasilan kita," katanya. 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar