Ramos samai rekor Casillas untuk timnas Spanyol

id Sergio Ramos , timnas Spanyol, Iker Casillas,Kepulauan Faroe,kualifikasi Piala Eropa 2020

Ramos samai rekor Casillas untuk timnas Spanyol

Kapten timnas Spanyol Sergio Ramos (tengah) berfoto dengan anggota tim lainnya setelah menjalani latihan. (twitter.com/SergioRamos)

Jakarta (ANTARA) - Sergio Ramos telah menyamai rekor penampilan terbanyak untuk timnas Spanyol yang digenggam Iker Casillas, saat ia tampil pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Kepulauan Faroe, Senin dini hari WIB.

Bek tengah itu kini telah memainkan 167 pertandingan dengan balutan seragam timnas, demikian dilansir laman resmi federasi sepak bola Spanyol.

Pada pertandingan tersebut, pelatih Spanyol Roberto Moreno melakukan sembilan perubahan anggota tim dari tim yang menang 2-1 atas Romania. Ramos dan Rodrigo Moreno menjadi dua pemain yang dipertahankan dari pertandingan Jumat. Spanyol sendiri tanpa kesulitan menggulung tamunya Kepulauan Faroe dengan kemenangan 4-0.

Baca juga: Hasil Grup F, Spanyol jaga kesempurnaan, Rumania naik peringkat ketiga

Ramos pertama kali membela Spanyol pada 26 Maret 2005, ketika masih berusia 18 tahun 361 hari. Saat itu timnas Spanyol menang 3-0 atas China dalam pertandingan persahabatan.

Ia kemudian membantu Spanyol menjalani salah satu periode terbaik sepanjang sejarah sepak bola mereka mulai 2008 sampai 2012.

Mantan pemain Sevilla ini merupakan anggota kunci ketika La Roja menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010.

Ramos mencatatkan penampilan ke-100nya untuk timnas pada 2013. Ia masuk tim Spanyol yang berlaga di Piala Dunia 2014 setahun kemudian, meski dominasi Spanyol harus berakhir di mana mereka tersingkir pada fase grup.

Baca juga: Sergio Ramos dianggap "role model" oleh Spanyol

Posisi kiper inti Spanyol telah diambil alih David de Gea dari Casillas pada Piala Eropa 2016.

Dengan demikian Ramos didaulat menjadi kapten tim, dan di bawah kepemimpinannya Spanyol mampu menyelesaikan fase grup dengan menghuni peringkat kedua. Sayangnya pada putaran 16 besar, Spanyol harus mengakui keunggulan Italia.

Setelah menyumbang 21 gol untuk Spanyol, Ramos mendekati rekor gol internasional terbanyak yang dibukukan pemain bertahan. Ia juga mendekati catatan penampilan Gianluigi Buffon di Piala Eropa, di mana ia hanya memerlukan sembilan pertandingan lagi untuk melampaui sang kiper legendaris.

Sebelum laga melawan Kepulauan Faroe, Ramos mendapat penghormatan dari rekan-rekan setimnya. Gelandang Barcelona Sergio Busquets, yang kerap bergesekan dengannya di Liga Spanyol, mengatakan bahwa merupakan suatu kehormatan untuk memiliki Ramos sebagai kapten tim.

Spanyol difavoritkan untuk mendapatkan satu tempat di Piala Eropa 2020. Mereka telah mencatatkan enam kemenangan dari enam laga kualifikasi dan kokoh di puncak klasemen Grup F dengan 18 poin.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar