KAI Purwokerto mulai gelar Posko Angkutan Lebaran 2019

id angkutan lebaran,kereta api

KAI Purwokerto mulai gelar Posko Angkutan Lebaran 2019

Kepala PT KAI Daop v Purwokerto Agus Setiyono saat Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Lebaran 2019 di halaman Kantor PT KAI Daop 5 Purwokerto, Minggu (26/5/2019), menyematkan tanda operasi angkutan lebaran kepada salah seorang anggota TNI yang terlibat dalam pengamanan/ (ANTARA/HO/Dok. KAI Purwokerto/Sumarwoto)

Purwokerto (ANTARA) - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia Daerah Operasi V  Purwokerto, Jawa Tengah, mulai melaksanakan Posko Angkutan Lebaran 2019.

"Posko tersebut dilaksanakan karena pada hari ini  PT KAI (Persero) mulai melayani masyarakat yang mudik dan balik menggunakan moda angkutan kereta api. Posko ini akan dilaksanakan hingga tanggal 16 Juni 2019," kata Kepala PT KAI Daop V Purwokerto Agus Setiyono usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Lebaran 2019 di halaman Kantor PT KAI Daop V Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu.

Ia mengatakan pada periode tersebut, PT KAI Daop V Purwokerto menyiapkan segala sumber daya demi melayani konsumen secara maksimal.

Menurut dia, kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan KAI secara keseluruhan.

Dia mengharapkan dengan maksimalnya persiapan KAI menyambut angkutan Lebaran 2019, seluruh proses perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar tanpa kendala.

"Guna memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan KA selama masa angkutan Lebaran 2019, kami telah menyiapkan posko dengan melibatkan 1.552 pegawai KAI. Selain itu, kami juga melibatkan petugas pengamanan internal yang terdiri atas 133 personel Polsuska dan 225 personel sekuriti serta 118 personel pengamanan bantuan dari TNI/Polri," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga melibatkan tenaga eksternal yang terdiri atas 15 orang dari masyarakat umum dan 46 orang anggota komunitas pecinta kereta api untuk bertindak sebagai "Customer Service Mobile".

Terkait dengan antisipasi kondisi darurat kesehatan, dia mengatakan pihaknya menempatkan 21 petugas paramedis di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kroya, dan Stasiun Cilacap termasuk berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan terdekat stasiun di sepanjang lintas. "Kami juga menyediakan fasilitas laktasi atau ruang untuk ibu menyusui di delapan stasiun," katanya.
Interior kereta kelas "luxury serie-2" yang dirangkaikan dengan sejumlah KA eksekutif yang melewati wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto mulai tanggal 26 Mei 2019. (Foto: Dok. KAI Purwokerto)

KA Ekstra

Manajer Humas PT KAI Daop V Purwokerto Supriyanto mengatakan bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket kereta api untuk angkutan Lebaran, tidak perlu khawatir karena PT KAI (Persero) akan mengoperasikan KA Tambahan Lebaran Ekstra dengan rute dari Jakarta menuju Jawa Tengah yang melewati wilayah PT KAI Daop V Purwokerto, yaitu KA Purwosari Tambahan relasi Purwosari-Pasarsenen PP dengan rangkaian 4K3+5K3.

"Rangkaian 4K3 adalah empat kereta ekonomi yang setiap keretanya berkapasitas 80 tempat duduk, sedangkan 5K3 adalah lima kereta ekonomi yang setiap keretanya terdiri atas 106 tempat duduk, sehingga kapasitas total KA Purwosari Tambahan sebanyak 850 tempat duduk," jelasnya.

Ia mengatakan KA Purwosari Tambahan akan beroperasi pada tanggal 1-9 Juni 2019 dengan jadwal berangkat dari Stasiun Purwosari pukul 06.20 WIB, Stasiun Kutoarjo pukul 08.25 WIB, Stasiun Kroya pukul 10.19 WIB, Stasiun Purwokerto pukul 11.00 WIB, dan tiba di Stasiun Pasarsenen pukul 16.42 WIB.

Sementara keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen pukul 00.15 WIB, Stasiun Purwokerto pukul 05.42 WIB, Stasiun Kutoarjo pukul 08.04 WIB, dan berakhir di Stasiun Purwosari pukul 10.25 WIB.

"Selain KA Purwosari yang melewati Purwokerto, PT KAI (Persero) juga mengoperasikan KA Tambahan Lebaran Ekstra lainnya, yakni KA Sembrani Tambahan Relasi Surabaya Pasarturi-Semarang-Gambir PP, KA Argo Jati Tambahan relasi Gambir-Cirebon PP, KA Ciremai Tambahan relasi Bandung-Semarangtawang PP, dan KA Madiun Tambahan relasi Pasarsenen-Madiun PP," katanya.

Lebih lanjut, Supriyanto mengatakan PT KAI (Persero) mulai tanggal 26 Mei 2019 menggandengkan satu kereta kelas "luxury serie-2" pada beberapa KA eksekutif yang melewati wilayah Daop V Purwokerto sehingga dapat menambah alternatif kelas dan kenyamanan.

Menurut dia, KA eksekutif yang ditambah kereta kelas "luxury serie-2" terdiri atas KA Gajayana relasi Gambir-Malang PP dengan tarif promo Rp1.000.000, KA Argo Lawu relasi relasi Gambir-Solo PP dengan tarif promo Rp800.000, KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo PP dengan tarif promo Rp800.000, dan KA Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta PP dengan tarif promo Rp750.000.

"Tarif promo ini berlaku mulai tanggal 26 Mei hingga 26 Juni 2019 selama tempat duduk masih tersedia. Fasilitas yang ada dalam kereta 'luxury serie-2' di antaranya 'fold table', LCD TV, USB port, 'read lamp', dan 'attendance call button'. Penumpang kereta 'luxury' akan mendapatkan makanan, minuman, 'dessert', 'snack' serta selimut dan 'face towel'," katanya. ***1***
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar