Warga Boyolali gotong royong singkirkan lumpur banjir

id Warga gotong royong ,bersihkan sisa lumpur banjir

Warga Boyolali gotong royong singkirkan lumpur banjir

Sejumlah warga menyeberangi banjir di jalan kampung Dukuh Tegalan, Desa Kismoyoso, Kabupaten Boyolali, Kamis (4/4). (Foto: Bambang Dwi Marwoto)

Banjir masih sebatas menggenangi jalanan dan halaman rumah warga
Boyolali (ANTARA) - Warga mulai bergotong royong menyingkirkan sisa lumpur dan sampah yang terbawa banjir di Desa Kismoyoso, Kabupaten Boyolali, Kamis.

Hujan deras yang turun sejak Rabu (3/4) malam hingga Kamis, sekitar pukul 08.00 WIB, menyebabkan air  menggenangi jalan dan sebagian masuk halaman dan rumah warga Desa Kismoyoso, Kecamatan Ngemplak, Boyolali.

Banjir yang sempat menggenangi halamam SD Kismoyoso 3 Desa Kismoyoso dengan ketinggian air sekitar satu lutut orang dewasa menyebabkan para siswa dipulangkan lebih awal untuk mengantisipasi meningkatnya ketinggian genangan.

Kepala SD Negeri Kismoyoso 3 Sutrisnan Rohadi mengatakan air mulai menggenangi halaman sekolah pada pukul 08.00 WIB, tetapi tidak sampai masuk ruang sekolah.

Sekitar pukul 10.00 WIB, air bertambah naik hingga selutut orang dewasa di halama sekolah. Para siswa dipulangkan lebih awal untuk mengantisipasi kondisi bertambah parah.

Sekitar pukul 14.30 WIB,  air mulai surut dan warga sekitar kemudian gotong royong menyingkirkan lumpur sisa banjir di halaman rumah masing-masing.

Salah satu warga Dukuh Tegalan, Desa Kismoyoso, Ali, mengatakan air banjir kedalaman berkisar 30-50 centimeter tidak sampai masuk rumah-rumah warga, sedangkan ruang kelas di sekolah setempat juga masih aman.

"Banjir masih sebatas menggenangi jalanan dan halaman rumah warga," katanya.

Banjir disebabkan meluapnya air Sungai Desa Kismoyoso hingga jalan dan halaman rumah warga. Namun, air belum sampai masuk rumah warga.

Banjir di desa itu, katanya, sudah sering terjadi jika hujan turun dengan deras dan waktunya agak lama.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Boyolali Purwanto membenarkan kejadian itu.

BPBD Boyolali mendapat laporan tentang tiga desa di Kecamatan Ngemplak yang mengalami banjir, yakni Kismoyoso, Ngargorejo, dan Manggung.

Pihaknya sudah menyalurkan bantuan logistik ke lokasi-lokasi banjir di tiga desa itu, untuk mendukung warga bekerja bakti mengatasi bencana itu.
 
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar